Kompas.com - 18/11/2021, 07:20 WIB
George Clooney dalam film Intolerable Cruelty. IMDBGeorge Clooney dalam film Intolerable Cruelty.

KOMPAS.com – Semua orangtua tentu ingin mewariskan sesuatu bagi anak-anaknya. Nah, bagi aktor George Clooney, hal itu adalah aktivisme, warisan yang menurutnya akan membuat anak-anaknya bangga.

Pemenang Academy Award itu mengungkapkannya pada Senin (15/11/2021) lalu, saat Clooney tampil dalam salah satu episode podcast "WTF with Marc Maron,” di mana Moran menanyakan pada Clooney tentang perannya sebagai seorang aktivis.

Clooney menjawabnya dengan mendiskusikan bagaimana ia tumbuh sebagai seorang anak di tahun 1960-an dan awal 70-an yang memperjuangkan berbagai hal, seperti gerakan hak-hak perempuan dan gerakan hak-hak sipil.

Ia memang ingin terus terlibat secara aktif dalam memperjuangkan banyak hal, seperti orangtuanya.

"Salah satu mantra ayah saya adalah selalu menantang siapa pun yang berkuasa dan selalu membela siapa pun yang tidak berkuasa," katanya.

"Dan jika Anda melakukan itu dalam hidup, Anda menang," tambahnya.

Baca juga: George Clooney Larang Istri Nonton Salah Satu Filmnya, Kenapa?

Clooney, yang kini memiliki sepasang anak kembar berusia empat tahun, Ella dan Alexander, dari istrinya, Amal Clooney, juga mengaitkan pekerjaan aktivismenya dengan anak-anaknya dan bagaimana buah hatinya itu akan melihat kembali hal yang sama dalam sejarah.

"Saya akan sangat malu jika 20 tahun ke depan, anak-anak saya melihat ke masa lalu dan berkata 'Ayah baik-baik saja dengan ini dan tidak berdiri lalu mengatakan sesuatu?'" kata Clooney.

Sebelumnya, tepatnya dalam wawancara untuk fiturnya sebagai “Person of the Year" untuk majalah People edisi 2020, sutradara "Tender Bar" ini sempat mengatakan bahwa terlibat dalam aktivisme adalah sesuatu yang ditanamkan oleh orang tuanya.

"Kita harus terlibat," kata Clooney kepada People tentang kehidupan awalnya.

Baca juga: Pandangan Hidup George Clooney Berubah soal Enggan Menikah dan Memiliki Anak Setelah Bertemu Amal Clooney

"Ibu dan ayah saya terlibat, dan kami diajari bahwa itu adalah tugas kewarganegaraan ... Saya ingat ayah saya berkata, 'Jangan kembali dan tatap mataku kecuali kau melawan para perundung dan mereka yang rasis.' Saya senang dibesarkan seperti itu,” ujarnya.

Bahkan, pasangannya memiliki nilai yang sama dengan Clooney.

Ya, Amal Clooney adalah seorang pengacara hak asasi manusia internasional. Bersama-sama, pasangan ini mendirikan Clooney Foundation for Justice (Yayasan Clooney untuk Keadilan) yang memperjuangkan keadilan terhadap pelanggaran hak asasi manusia di seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.