Kompas.com - 22/11/2021, 13:22 WIB

KOMPAS.com - Wine adalah minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi jus anggur.

Wine dibuat dari anggur segar yang dihancurkan dan ditempatkan di dalam ember atau tong khusus, untuk kemudian difermentasi. Proses fermentasi ini yang kemudian mengubah gula alami dalam jus anggur tersebut menjadi alkohol sehingga disebut wine.

Proses fermentasi dalam pembuatan wine ini bisa terjadi secara alami. Namun kadangkala pembuat wine juga menambahkan ragi untuk mengontrol prosesnya, termasuk dalam hal rasa dan waktunya.

Selain itu, langkah yang dilakukan dalam proses fermentasi ini juga menentukan warna wine tersebut. Perbedaan tahapan akan menjadikan fermentasi tersebut menjadi red wine atau white wine sesuai keinginan pembuatnya.

Setelah itu, anggur tersebut disimpan dalam tong baja tahan karat atau kayu ek hingga siap untuk dibotolkan.

Baca juga: Intip Kepribadian Peminum Red dan White Wine

Proses pembuatan red wine dan white wine

Sebagian besar dari kita mengenal wine terbagi menjadi dua jenis yakni red wine dan white wine. Banyak yang mengira, red wine berasal dari buah anggur berwarna merah sedangkan white wine dibuat dari anggur berwarna putih atau hijau.

Hal tersebut tidak sepenuhnya berlaku karena semua jenis anggur menghasilkan cairan berwarna bening ketika dijus.

Perbedaan warna pada red wine dan white wine dipengaruhi oleh kulitnya.

White wine tercipta ketika kulit anggur dihilangkan sebelum proses fermentasi sehingga menghasilkan cairan yang berwarna bening.

Banyak jenis white wine, termasuk champagne, dibuat dari anggur merah namun dengan metode pembuatan khusus yang dikenal dengan nama “blanc de noir.”

Baca juga: Inikah Anggur Termahal di Dunia?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.