Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Red Wine Bisa Turunkan Berat Badan, Apa Benar?

Kompas.com - 11/03/2021, 15:00 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Red wine banyak dipercaya sebagai minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun banyak pula anggapan jika kandungan kalori dan gulanya tinggi sehingga berdampak buruk pada bobot tubuh.

Seperti apa kebenarannya?

Alkohol identik dengan minuman yang dapat memicu kenaikan badan. Namun, banyak yang beranggapan jika minuman fermentasi anggur merah ini malah dapat membantu diet yang sedang dijalani.

Ada banyak aspek yang bisa menentukan klaim tersebut. Misalnya saja, sebotol red wine mengandung kalori yang sebagian besar datang dari alkohol.

Selain itu, minuman ini juga mengandung kadar gula hasil dari proses pembuatannya. Biasanya jumlahnya bisa berbeda tergantung merk minuman yang kerap dinikmati saat fine dining ini.

Baca juga: Pelayan Restoran Keliru, Tuang Red Wine Vintage Seharga Rp 83 Juta

Namun, sebotol wine ini juga memiliki beberapa kandungan positif yang baik. Misalnya saja seperti senyawa resveratrol dan antioksidan lainnya yang dapat mengontrol gula darah, kesehatan jantung dan peradangan.

Senyawa flavonoid yang juga ada di dalamnya membuat minuman ini jadi menu diet yang kerap diaplikasikan di kawasan Mediterania.

Banyak yang mengklaim jika hasil diet dengan red wine lebih signifikan dibandingkan diet ala Amerika. Oleh sebab itu, konsumsi anggur merah dalam kadar sedang dinilai dapat mengurangi kenaikan berat badan.

Sayangnya, banyak pula penelitian yang tidak mendukung klaim ini atau sebaliknya. Riset pada 29 orang obesitas misalnya tidak menunjukkan adanya pengaruh antioksidan red wine pada kadar gula darah.

Namun penelitian lain juga menunjukkan jika minuman beralkohol ini dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kontrol gula dalam darah. Hal yang mempermudah seseorang mengatur berat badannya.

Baca juga: Inikah Anggur Termahal di Dunia?

Belum ada riset pasti soal red wine

Sejauh ini masih banyak pro kontra akan efek red wine dalam menurunkan berat badan. Sejumlah penelitian yang dilakukan juga belum dapat menunjukkan hasil yang pasti.

Bahkan, banyak riset yang membuktikan minuman alkohol ini sebenarnya punya efek buruk pada tubuh. Pasalnya, ketika menikmati segelas anggur merah, tubuh mendapatkan lebih banyak kalori dibandingkan protein atau karbohidrat. 

Fermentasi anggur merah juga dinilai memiliki kadar kalori per gram paling tinggi dibandingkan bir, anggur putih atau minuman campuran alkohol lainnya.

Karena itulah ini dapat memicu kenaikan berat badan khususnya pada pria. Konsumsi berlebih juga dapat memicu resistensi insulin yang menjadi awal mula dari pertambahan berat badan dan diabetes tipe 2.

Baca juga: Meski Bikin Ngantuk, Alkohol Justru Berefek Buruk pada Kualitas Tidur

Terlepas dari perdebatan yang belum ada ujungnya ini, akan lebih baik jika membatasi diri dalam menikmati red wine. Perhatikan porsi yang sesuai untuk kebutuhan dan kemampuan tubuh kita.

Namun akan lebih baik jika konsumsi hanya dibatasi sebanyak 150 ml per hari. Selain itu, hindari dessert yang berbahan wine ini karena kadar gula dan karbohidratnya lebih tinggi.

Hal terpenting yang juga perlu dilakukan yakni menghitung jumlah asupan kalori harian. Minum red wine setiap hari tak akan mengganggu diet jika disertai dengan defisit kalori yang memadai.

Baca juga: Intip Kepribadian Peminum Red dan White Wine 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com