Kompas.com - 29/11/2021, 15:11 WIB
Ilustrasi balita. ShutterstockIlustrasi balita.
|

KOMPAS.com - Risiko stunting yang mengincar anak pada masa 1.000 hari pertama kehidupan (1.000 HPK)-nya bisa dicegah dengan memerhatikan asupan nutrisi mereka.

Prinsip pola makan sehat untuk anak tidak berbeda dengan orang dewasa, yakni beragam dan bergizi seimbang. Dengan begitu, anak mendapat asupan lemak, serat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan tentu protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Untuk anak-anak balita, protein memiliki peran sangat krusial dalam tumbuh kembangnya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal EBioMedicine menemukan bahwa anak-anak yang laju pertumbuhannya terhambat memiliki kadar asam amino esensial 15-20 persen lebih rendah dari anak-anak dengan pertumbuhan normal. Sebagai informasi, asam amino adalah bahan penyusun protein.

Baca juga: Manfaat Ikan Tongkol untuk Tumbuh Kembang Bayi

Setidaknya, ada 20 asam amino yang dibutuhkan tubuh. Kemudian, 9 di antaranya dibutuhkan untuk proses pertumbuhan. Nah, dibandingkan protein nabati, protein hewani lebih baik karena memiliki asam amino lebih lengkap.

Contoh sumber protein hewani yang mengandung 9 asam amino yang baik untuk pertumbuhan anak adalah susu, telur, daging, unggas, dan ikan.

Berikut alasan pentingnya protein bagi masa tumbuh kembang anak.

1. Memainkan peran utama dalam pertumbuhan

Protein sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan anak yang sehat, seperti untuk meningkatkan massa otot dan untuk pembentukan kulit, rambut, dan kuku.

Baca juga: Jangan Lewatkan Nutrisi Penting di Masa 2 Tahun Anak

2. Memberikan energi

Protein dapat menjadi energi cadangan ketika asupan karbohidrat dan lemak dalam tubuh tidak mencukupi.

3. Bertanggung jawab mengganti jaringan tubuh yang rusak

Ketika anak sakit, makanan berprotein penting untuk menggantikan jaringan tubuhnya yang rusak.

Baca juga: Anak Tidak Mau Makan, Ini Triknya

4. Berperan dalam pembentukan antibodi

Anak dengan sistem antibodi yang baik akan lebih mudah menangkal infeksi dari virus juga bakteri sehingga tumbuh kembang anak jadi lebih optimal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.