Kompas.com - 03/02/2022, 20:22 WIB

KOMPAS.com - Salah satu hal yang ditunggu para ibu hamil saat kontrol ke dokter adalah bisa melakukan ultrasonografi (USG) dan "mengintip" bayi dalam kandungan.

Pemeriksaan USG juga menjadi cara bagi calon ayah dan ibu untuk mengetahui gender bayi.

Walau begitu sebenarnya pemeriksaan USG memiliki banyak manfaat selama kehamilan.

Dijelaskan oleh dr Taufik Jamaan Sp.OG, lewat USG dokter bisa memantau tumbuh kembang janin dan juga mendeteksi kelainan mayor.

"USG yang dilakukan di bawah usia kehamilan 12-16 minggu untuk melihat kelainan-kelainan seperti sindroma down atau kelainan malformasi," ujar dokter yang berpraktik di RS Hermina Jatinegara Jakarta ini kepada Kompas.com (2/2/2022).

Pemeriksaan yang lebih detil dan akurat bisa dilakukan dengan teknologi USG empat dimensi. Pemeriksaan ini menurut Taufik, bisa dilakukan kapan saja, tetapi pada umumnya setelah usia 16 minggu atau pun di usia kehamilan 28 minggu untuk melihat kondisi secara umum.

Baca juga: Intip Kisaran Biaya USG di Puskesmas, Rumah Sakit, dan Klinik

"Bisa dilihat kondisi bayi secara umum, termasuk bentuknya, kondisi organ, jantung, hingga kelainan-kelainan. USG 4D juga bisa melihat adanya malformasi pada wajah seperti bibir sumbing dengan lebih detil dan akurat," paparnya.

Pemeriksaan USG juga diperlukan bahkan sebelum kehamilan, terutama pada pasangan yang ingin melakukan program kehamilan.

Menurut Taufik, dari pemeriksaan USG bisa diketahui kondisi rahim, indung telur, serta apakah ada kelainan seperti miom atau kista, yang dapat berpengaruh pada program kesuburan.

Bidan dan dokter Puskesmas

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.