Kompas.com - 24/02/2022, 07:32 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Persalinan dengan metode operasi caesar kerap dipilih pasangan suami istri untuk melahirkan buah hati di tanggal cantik.

Akan tetapi, tanpa operasi caesar pun sebenarnya para ibu bisa menentukan tanggal kelahiran anak. 

"Untuk ibu yang ingin melahirkan normal atau pervaginam di tanggal-tanggal tertentu tetap bisa," kata dr. Nana Agustina, Sp.OG, Spesialis Kandungan di RSIA Bunda, Jakarta kepada Kompas.com.

Baca juga: Indikasi Medis, Alasan Banyak Ibu Bersalin Caesar di Tanggal Cantik

Tentu ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi setiap ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal di tanggal yang diinginkan.

Salah satunya adalah dokter kandungan sudah memprediksi Hari Perkiraan Lahir (HPL) sesuai dengan kondisi kesehatan ibu hamil.

Hal tersebut bertujuan untuk menilai kesiapan ibu hamil saat bersalin secara normal.

"Memang harus dikonfirmasi dulu terkait kandungannya. Baru bisa menentukan persalinan normal," kata dr. Nana.

Selain itu, beberapa tips mempercepat kelahiran anak di tanggal yang tepat juga perlu diterapkan pasangan suami istri. Misalnya dengan induksi alami.

Baca juga: Induksi Alami untuk Percepat Persalinan

Induksi alami yang dapat dilakukan pasangan suami istri adalah dengan rutin berhubungan seks beberapa hari menjelang tanggal yang diinginkan dan juga rajin senam hamil.

Bahkan menurut dr. Nana, cara ini bisa diterapkan bagi ibu hamil yang tadinya ada indikasi caesar, tapi setelah ditinjau kondisi kehamilannya mumpuni untuk bersalin normal, proses bersalin pervaginam bisa dilakukan.

"Jika kesiapan ibu hamil dan janin sudah cukup usianya untuk dilahirkan dan waktunya memungkinkan."

"Bagi ibu hamil yang memang ada indikasi caesar dan kebetulan ingin lahir di tanggal khusus. Biasanya bisa dilakukan bila memang janin sudah cukup usianya untuk dilahirkan dan waktunya memungkinkan," demikian terang dr. Nana.

Baca juga: Apa Itu Palindrom yang Dikaitkan dengan Tanggal Cantik 22-02-2022?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.