Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanpa Operasi Caesar, Ibu Hamil Bisa Bersalin Normal di Tanggal Cantik

KOMPAS.com - Persalinan dengan metode operasi caesar kerap dipilih pasangan suami istri untuk melahirkan buah hati di tanggal cantik.

Akan tetapi, tanpa operasi caesar pun sebenarnya para ibu bisa menentukan tanggal kelahiran anak. 

"Untuk ibu yang ingin melahirkan normal atau pervaginam di tanggal-tanggal tertentu tetap bisa," kata dr. Nana Agustina, Sp.OG, Spesialis Kandungan di RSIA Bunda, Jakarta kepada Kompas.com.

Tentu ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi setiap ibu hamil yang ingin melahirkan secara normal di tanggal yang diinginkan.

Salah satunya adalah dokter kandungan sudah memprediksi Hari Perkiraan Lahir (HPL) sesuai dengan kondisi kesehatan ibu hamil.

Hal tersebut bertujuan untuk menilai kesiapan ibu hamil saat bersalin secara normal.

"Memang harus dikonfirmasi dulu terkait kandungannya. Baru bisa menentukan persalinan normal," kata dr. Nana.

Selain itu, beberapa tips mempercepat kelahiran anak di tanggal yang tepat juga perlu diterapkan pasangan suami istri. Misalnya dengan induksi alami.

Induksi alami yang dapat dilakukan pasangan suami istri adalah dengan rutin berhubungan seks beberapa hari menjelang tanggal yang diinginkan dan juga rajin senam hamil.

Bahkan menurut dr. Nana, cara ini bisa diterapkan bagi ibu hamil yang tadinya ada indikasi caesar, tapi setelah ditinjau kondisi kehamilannya mumpuni untuk bersalin normal, proses bersalin pervaginam bisa dilakukan.

"Jika kesiapan ibu hamil dan janin sudah cukup usianya untuk dilahirkan dan waktunya memungkinkan."

"Bagi ibu hamil yang memang ada indikasi caesar dan kebetulan ingin lahir di tanggal khusus. Biasanya bisa dilakukan bila memang janin sudah cukup usianya untuk dilahirkan dan waktunya memungkinkan," demikian terang dr. Nana.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/24/073238920/tanpa-operasi-caesar-ibu-hamil-bisa-bersalin-normal-di-tanggal-cantik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke