Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Yuk, Ajak Anak Salurkan Rasa Penasarannya dengan Mencoba Hal Baru!

Kompas.com - 20/04/2022, 06:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Dalam proses tumbuh kembangnya, emosi dan kognisi anak akan turut mengalir seiring berjalannya waktu. Ia akan mencoba mengutarakan bermacam perasaan, seperti takut, senang, atau bingung.

Selain itu, anak juga mencoba untuk memahami dunia melalui rasa keingintahuannya. Ia jadi banyak melihat, merasakan, dan mempertanyakan apa yang ada di sekelilingnya.

Oleh karena itu, jangan kaget jika anak menjadi sangat senang untuk mencoba hal-hal baru, seperti yang dialami oleh Momo si monyet kecil dalam siniar (podcast) Dongeng Pilihan Orangtua episode “Dongeng Bahaya di Lembah Belukar”.

“Dongeng Bahaya di Lembah Belukar” merupakan kolaborasi Medio by KG Media bersama Puty Puar, Founder Buibu Baca Buku Book Club, dalam rangka menyambut Hari Dongeng Sedunia pada 20 Maret lalu.

Perlu diketahui, ketika anak sudah berada di dalam tahap tumbuh kembang tersebut, orangtua harus dengan sabar membimbingnya.

Sebab, berbagai manfaat kelak akan dirasakan anak ketika ia sudah dewasa.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk membimbing anak dalam menyalurkan rasa penasarannya?

Merangkum Big Life Journal dan Children First Canada, berikut yang bisa dilakukan oleh orangtua.

Beri Contoh yang Baik

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memimpin anak dengan memberikan contoh yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.