Kompas.com - 20/04/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Selain saudara terdekat, anggota keluarga lainnya seperti nenek biasanya dapat menjadi pengasuh bagi anak-anak jika orangtua mereka sedang sibuk bekerja.

Maka, tidak heran jika pada akhirnya anak-anak cenderung memiliki ikatan yang istimewa atau kedekatan dengan neneknya.

Hal itu juga diungkapkan telah dalam sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B.

Di mana, studi tersebut menemukan pentingnya kehadiran seorang nenek bagi anak-anak dapat ditelusuri secara neurologis.

Baca juga: Tips Menguatkan Ikatan Emosional Orangtua dan Anak Selama Pandemi

"Tidak seperti primata lainnya, manusia bergantung satu sama lain untuk membantu membesarkan anak-anak mereka," tutur penulis utama studi, James Rilling.

"Dan, sering kali keturunan itu menjadi lebih baik ketika mereka memiliki orang dewasa lain, seperti nenek yang terlibat dalam kehidupan mereka," sambung dia.

Nah, para peneliti melakukan riset dengan melibatkan 50 nenek, yang dilaporkan memiliki hubungan positif dengan cucu mereka.

Peserta studi tersebut juga diminta mengisi kuesioner untuk mengukur tingkat keterlibatan mereka dalam kehidupan cucu mereka.

Para wanita menjalani pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI) yang mengukur perubahan aliran darah selama aktivitas otak.

Baca juga: Bangun Ikatan Emosional dengan Si Kecil lewat Kebiasaan Ngobrol

Mereka diperlihatkan empat gambar. Satu dari cucu mereka, satu dari anak yang tidak dikenal, satu dari orang dewasa yang tidak dikenal, dan terakhir salah satu orangtua berjenis kelamin sama dengan cucu mereka, entah anak kandung atau menantu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.