Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2022, 17:03 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Salah satu lukisan ikonik Andy Warhol yang memperlihatkan potret Marilyn Monroe telah menorehkan rekor sebagai karya seni abad ke-20 paling mahal yang pernah dibuat.

Lukisan "Shot Sage Blue Marilyn" berukuran 258 centimeter persegi itu dibuat oleh sang seniman pada tahun 1960-an.

Kini, kreasi itu laku terjual dengan harga 195 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,8 triliun di Christie's New York, pada Senin malam lalu.

Sebelum penjualan, rumah lelang tersebut menggambarkan "Shot Sage Blue Marilyn" sebagai salah satu lukisan paling langka dan paling luar biasa yang pernah ada.

Baca juga: Kim Kardashian Turun 7 Kg demi Bisa Pakai Gaun Marilyn Monroe

Ada pun lukisan ini juga pernah ditampilkan di beberapa galeri seni, termasuk Museum Guggenheim di New York, Centre Pompidou di Paris, dan Tate Modern di London.

Karya lukisan yang paling terkenal

Reproduksi warna-warni Warhol dari potret foto Monroe merupakan salah satu karyanya yang paling dikenal, di samping lukisan khasnya tentang kaleng sup Campbell.

Menggunakan teknik yang disebut sablon sutra yang menduplikasi gambar di atas kertas atau kanvas menggunakan lapisan sutra halus seperti stensil, dia mulai membuatnya pada tahun 1962, tak lama setelah kematian Monroe.

Seperti penggambaran tokoh-tokoh terkenal lainnya, termasuk Elvis Presley dan pemimpin China Mao Zedong, Warhol menciptakan banyak versi potret Monroe dalam berbagai warna dan konfigurasi yang berbeda.

Lukisan "Shot Sage Blue Marilyn" itu juga pernah dimiliki oleh kolektor seni terkenal dari Swiss, Thomas Ammann.

Baca juga: Potret Marilyn Monroe Ini Siap Dilelang, Nilainya Rp 2,8 Triliun

Lalu, potret itu ditawarkan untuk dilelang oleh Thomas and Doris Ammann Foundation Zurich, organisasi amal yang didirikan atas namanya (dan saudara perempuannya).

Dana yang dihasilkan dipakai untuk mendanai program kesehatan dan pendidikan untuk anak-anak di seluruh dunia.

Dalam pernyataan pers sebelum penjualan, ketua seni abad ke-20 dan ke-21 Christie's, Alex Rotter, menggambarkan karya tersebut sebagai puncak mutlak "budaya pop Amerika" dan lukisan abad ke-20 paling signifikan dilelang dalam satu generasi.

"Berdiri di samping 'Birth of Venus' karya Botticelli, 'Mona Lisa' karya Da Vinci dan 'Les Demoiselles d'Avignon' karya Picasso, 'Marilyn' karya Warhol adalah salah satu lukisan terbesar sepanjang masa," ujar dia seperti yang dikutip CNN.

Rekor lelang karya Warhol sebelumnya dipegang oleh "Silver Car Crash (Double Disaster)" yang menggambarkan hancurnya mobil akibat tabrakan di jalan.

Karya itu terjual lebih dari 105 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,5 triliun hampir satu dekade lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com