Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Apa Kabar Era “New Normal”?

Kompas.com - 09/06/2022, 06:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Frangky Selamat*

RATUSAN pengunjung mal bersorak-sorai kegirangan, bergoyang, dan berdendang mengiringi suara sang biduan yang beradu keras dengan musik yang menghentak cepat.

Sebuah konser “gratisan” di sebuah mal terkemuka di Jakarta Barat seolah menghantarkan pengunjung ke dimensi yang berbeda dari pandemi yang belum dinyatakan resmi berakhir.

Tiada lagi jaga jarak, semua berhimpitan. Tangan kanan diacungkan ke atas sambil memegang ponsel untuk merekam gerak tari nan memukau.

Untung pengunjung cukup tertib dan tidak ada aksi dorong-mendorong. Bersyukur juga semua pengunjung masih disiplin menggunakan masker. Walau tak sedikit yang mulai menurunkan masker hingga ke dagu.

“Saya bahagia sekali hari ini setelah sekian lama menunggu ini terjadi,” seru sang biduan membuka pertunjukan. Pengunjung bertepuk tangan senang.

Dua tahun lebih sudah pandemi berlangsung. Di bulan ini, Juni 2022, pemandangan sudah jauh berbeda. Seperti di mal itu.

Ketika Presiden Joko Widodo menyatakan masker sudah boleh dilepas jika beraktivitas di luar ruang dan tidak banyak kerumunan orang, masyarakat menyambut dengan gembira.

Tak kurang pakar kesehatan menganjurkan agar warga tetap bermasker, terutama untuk lansia.

Tak sedikit pula warga yang tetap mempertahankan kebiasaan bermasker dengan sejumlah alasan masuk akal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.