Kompas.com - 11/06/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Dua wanita asal Skotlandia secara tidak resmi memecahkan rekor dunia Guinness World Records karena mampu berlari di 106 maraton dalam 106 hari.

Fay Cunningham (35) dan Emma Petrie (26), yang keduanya berasal dari Aberdeen itu, melakukan percobaan lari maraton pertama mereka pada 19 Februari.

Sejak saat itu, mereka pun berlari dengan jarak yang sama yakni 42.164 km setiap hari berturut-turut hingga lari terakhir mereka pada hari Sabtu lalu.

Duo ini mengumpulkan uang selama upaya pencapaian rekor mereka, untuk kegiatan amal demensia MND & Macmillian.

Baca juga: Cetak Rekor Dunia, Murphy Minum di 56 Pub dalam Waktu 24 Jam

Para wanita itu mengaku terinspirasi oleh ayah Cunningham, Alan, yang meninggal setelah berjuang melawan demensia.

"Kami berdua tahu bahwa hidup ini singkat dan kemampuan untuk berlari atau berjalan tidak selamanya bersama kita," kata Cunningham kepada Running Magazine.

"Ayah saya dulu sangat bugar dan aktif. Dia juga menginspirasi kami untuk melewati tantangan ini," lanjut dia.

Ada pun rekor dunia Guinness saat ini dipegang oleh wanita AS Alyssa Clark, yang berlari di 95 maraton dalam 95 hari pada tahun 2020.

Baca juga: Rekor Dunia, Pria Ini Tonton Spider-Man: No Way Home 292 Kali

Rekor tersebut juga secara tidak resmi dikalahkan oleh Jacky Hunt-Broersma yang berlari di 102 maraton dalam 102 hari awal tahun ini.

Namun, baik Cunningham dan Petrie meragukan total lari maraton yang dilakukan oleh Hunt-Broersma. Sebab, beberapa di antaranya dilakukan di atas treadmill.

Maka dari itu, mereka pun memutuskan membuat total 106 lari maraton untuk berjaga-jaga jika Guinness World Records melakukan verifikasi atas pencapaian tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber UPI
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.