Kompas.com - 17/08/2022, 08:29 WIB

KOMPAS.com - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia juga dimeriahkan dengan tampilkan Google Doodle yang apik sekaligus kaya makna.

Laman pencarian Google hari ini dihiasi ilustrasi dari seniman tamu Bandung, Wastana Haikal untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.

Google Doodle ini berupa animasi aktivitas Perahu Pacu yang merupakan salah satu tradisi paling populer untuk merayakan 17 Agustus di Riau.

Baca juga: Jokowi Pakai Baju Adat Paksian dari Bangka Belitung, Ini Maknanya

Karya seni tersebut terdiri dari lima karakter dengan baju adat dan penampilan fisik yang berbeda-beda, mendayung sebuah perahu bersama dengan raut wajah bersemangat juga sumringah.

Jika gambarnya diklik, maka layar gawai kita akan dihiasi hujan kembang api, yang identik dengan perayaan kemerdekaan.

Makna Google Doodle HUT ke-77 RI

Perahu Pacu merupakan olahraga tradisional yang juga dilombakan di Festival Pacu Jalur, salah satu balapan air terbesar di Indonesia.

Acara ini menampilkan pertunjukkan lagu dan tarian daerah dengan lebih dari seratus perahu berdekorasi semarak mendayung menyusuri Sungai Batang Kuantan, Riau.

Perahu Pacu diikuti oleh setidaknya 60 orang yang mengenakan kostum tari tradisional sembari berlaga di atas air.

Sebagai negara bahari, Festival Pacu Jalur merupakan salah satu dari sekian banyak tradisi yang mengajarkan pentingnya kerja sama tim.

Google Doodle hari ini menampilkan pesan yang selaras dengan semboyan nasional Indonesia, Bhinekka Tunggal Ika.

Semangat ulang tahun, Indonesia.

Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat!

Baca juga: Google Doodle Berbentuk Kue Tart, Apa Makna di Baliknya?


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.