Kompas.com - 23/08/2022, 12:41 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kulit gatal akibat digigit serangga atau berkeringat mungkin hal biasa yang dapat dengan mudah diatasi sendiri di rumah.

Namun, ada pula kejadian kulit gatal yang berlangsung lama dan membutuhkan perawatan dari dokter karena dapat mengindikasikan kita sedang mengidap penyakit kronis tertentu.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, para dokter kulit pun mengungkapkan 7 masalah kesehatan yang dapat membuat kulit gatal, seperti yang dilansir dari laman The Healthy berikut ini.

Masalah kesehatan yang membuat kulit gatal

1. Penyakit ginjal

Kulit gatal yang intens di seluruh tubuh sering terjadi pada orang dengan penyakit ginjal stadium akhir atau mereka yang menderita gagal ginjal kronis.

Bahkan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Renal Failure, 42 persen pasien ginjal dialisis menderita gatal-gatal sedang sampai ekstrim.

"Beberapa orang menggambarkannya sebagai gangguan," kata dokter spesialis kulit dan ahli bedah Mohs di Memorial Sloan Kettering Cancer Center dan New York-Presbyterian Hospital, Dr Anthony M. Rossi, MD.

"[Gatal] sangat intens sehingga orang terbangun di tengah malam sambil menggaruk," ungkapnya.

Secara ilmiah, belum ditemukan mengapa penyakit ginjal menyebabkan gatal-gatal, tetapi para dokter menduga hal ini berkaitan dengan penumpukan racun dalam tubuh, ketika ginjal kita tidak dapat membuang limbah dari aliran darah.

Selain mengobati penyakit ini, dokter mungkin meresepkan obat-obatan seperti gabapentin, obat anti-kejang yang telah disetujui untuk penggunaan di luar label untuk meredam rasa gatal akibat penyakit ginjal.

Baca juga: Waspadai, 13 Gejala Penyakit Ginjal yang Mungkin Tak Disadari

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.