Kompas.com - 18/09/2022, 17:19 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - IQ atau intellectual quotient adalah taraf kecerdasan yang menjadi ukuran kemampuan seseorang dalam penelaran hingga memecahkan masalah.

Hal tersebut dapat dibuktikan melalui sejumlah tes yang disebut tes IQ untuk menilai seberapa baik orang tersebut dalam menyelesaikan beberapa pertanyaan.

Setelah itu hasil tesnya akan menentukan skor yang diraih. Inilah yang disebut dengan skor IQ.

Baca juga: Mungkinkah Ada Manusia Super Jenius dengan Skor IQ di Atas 200? 

Apa itu tes IQ?

Orang dengan kecerdasan di atas rata-rata selalu menyadari bahwa dirinya tidak mengetahui banyak hal, sehingga mau terus belajar.Unsplash/Jeshoots Orang dengan kecerdasan di atas rata-rata selalu menyadari bahwa dirinya tidak mengetahui banyak hal, sehingga mau terus belajar.

Tes IQ adalah indikator untuk mengukur kemampuan penalaran dengan tujuan memperoleh hasil yang disesuaikan dengan kelompok usia tertentu.

Sejak tes IQ pertama muncul, penilaian tes semacam ini masih menjadi indikator psikologis yang paling populer dan digunakan sampai sekarang.

Kegunaannya untuk menentukan kelayakan seseorang dalam menggeluti bidang pekerjaan tertentu, indikator masuk sekolah atau perguruan tinggi sampai beberapa instansi.

Model dari tes IQ sebetulnya dapat bervariasi, namun rata-rata pertanyaannya berkaitan dengan kreativitas, imajinasi, kemampuan penalaran sampai kondisi psikologis.

Beberapa pertanyaan rata-rata tidak ada jawaban benar atau salah, namun setiap jawaban memiliki skor tertentu yang dapat diakumulasikan menjadi skor IQ.

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Menurunkan IQ, Cek Daftarnya

Cara menghitung skor IQ

Ilustrasi anak belajar bahasa asing.Dok. LingoAce Ilustrasi anak belajar bahasa asing.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.