Kompas.com - 18/09/2022, 17:50 WIB

KOMPAS.com - Minyak tawon bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Tapi, masyarakat kadung percaya bahwa minyak ini benar-benar dibuat oleh tawon. Lantas, benarkah demikian?

Sejak lama masyarakat Indonesia telah mengenal berbagai minyak yang dapat dioles, dikerik, dipijat, atau dihirup untuk meredakan kembung, mual, pusing, masuk angin, hingga sakit kepala.

Minyak yang umum dimanfaatkan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan tersebut, antara lain minyak kayu putih, minyak angin, minyak telon, termasuk minyak tawon yang kali ini dibahas.

Walau sudah digunakan sejak lama, sayangnya belum banyak orang yang memahami apa itu minyak tawon sebenarnya. Nah, agar tidak keliru, simak penjelasan asal muasal minyak tawon dan manfaatnya berikut ini.

Asal muasal minyak tawon

Karena kepopulerannya untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, nama minyak tawon masih eksis hingga hari ini. Bahkan, dalam masyarakat modern, minyak tawon masih diandalkan.

Akan tetapi, di balik kepopulerannya, minyak tawon ternyata tidaklah dibuat dari tawon seperti yang sebagian orang kira selama ini.

Minyak tawon yang termasuk produk obat-obatan bagi keluarga sebenarnya berasal dari nama merek Minyak Gosok Cap Tawon.

Minyak tersebut diproduksi sejak tahun 1912 di Makassar oleh PT. Tawon Jaya Makassar. Perusahaan ini dirintis oleh seorang keturunan Tionghoa bernama Lia A Liat.

Perlu diketahui bahwa Makassar dulunya menjadi tempat persinggahan dari berbagai negara, seperti Belanda, Jepang, India, termasuk Tiongkok.

Di samping itu, banyak dari mereka yang akhirnya menetap dan berdagang di Makassar karena keramahan dan keterbukaan dari masyarakat kota Anging Mammiri ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.