Kompas.com - 24/09/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Para pecinta kucing mungkin akan menyadari, setiap kucing memiliki bulu dengan pola dan tanda berbeda-beda.

Pola dan tanda ini sebenarnya disebabkan oleh genetik atau garis keturunan kucing, dan hasilnya pun bisa beragam, terlepas dari ras kucing.

Nah, pola pada kucing ini terdiri dari enam varian, yaitu Tabby, Solid, Bicolor, Tricolor, Tortoiseshell, dan Colorpoint.

Namun, apa bedanya? Simak paparan yang dilansir dari Base Paws, berikut ini.

Baca juga: 10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia

Tabby

Tabby adalah pola bulu kucing yang paling umum, yang terdiri dari empat varian utama, yaitu Mackerel, Blotched, Spotted, dan Ticked.

Berikut perbedaannya.

  • Mackerel tabby, motif tabby paling umum yang membentuk garis-garis vertikal berwarna gelap yang memanjang pada tubuh kucing.
  • Blotched tabby, motif yang membentuk pola garis, lingkaran dan pusaran pada bagian ekor.
  • Spotted tabby, jenis tabby yang tidak memiliki pola dan warna yang teratur, namun berbentuk bintik-bintik dengan warna berbeda pada bulu. Maine coon dan bengal adalah contoh spotted tabby yang terpopuler.
  • Ticked tabby, jenis tabby dengan warna bulu yang memiliki gradien. Pada jenis ini, warna bulu yang lebih terang akan ada di bagian bawah, sementara ujungnya memiliki warna lebih gelap. Somali dan Abyssinian adalah jenis ticked tabby yang populer.

Solid

Punya kucing dengan satu warna saja? Artinya, kucing itu termasuk ke dalam kucing dengan pola bulu yang disebut Solid. Karena itu, kucing berwarna Solid cukup jarang ditemukan.

Baca juga: 10 Ras Kucing Penyayang, Cocok untuk Dipelihara

Namun, ada beberapa ras yang biasanya memiliki kucing dengan bulu berwarna solid, seperti Turkish Angora berwarna putih bersih dan British Shorthair berwarna stone grey.

Bicolor

Seperti namanya, Bicolor merupakan pola bulu yang terdiri dari dua warna, yaitu putih dan warna lainnya.

Biasanya, pola bulu ini ditemukan pada kucing dengan ras campuran. Polanya pun bisa beraneka ragam, meski putih dan merah, oranye dan putih, cokelat dan putih, serta hitam dan putih (biasa disebut dengan tuxedo) adalah yang paling umum ditemukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Base Paws


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.