Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2023, 06:53 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak tahun 1930-an, Rolex telah membekali para penjelajah dunia dengan jam tangan untuk uji ketahanan dan keandalan di kondisi yang ekstrem.

Pembuat jam Swiss tersebut juga terlibat dalam pendakian bersejarah ke puncak Gunung Everest yang dilakukan Tenzing Norgay dan Sir Edmund Hillary di tahun 1953.

Ekspedisi ini menandai awal hubungan antara Rolex dan yayasan yang didirikan Norgay dan Hillary, yang masih berlanjut hingga hari ini melalui Rolex Perpetual Planet Initiative.

Hillary mempersembahkan sebagian besar hidupnya untuk Everest, tempat yang mengubah hidupnya.

Rolex rayakan 70 tahun pendakian Gunung Everest Rolex rayakan 70 tahun pendakian Gunung Everest

Ia mendirikan organisasi nirlaba The Himalayan Trust, dan membangun rumah sakit, sekolah, jembatan, serta bandara Tenzing-Hillary di Lukla.

Rolex juga mendukung visi Hillary melalui Perpetual Planet Initiative dari perusahaan.

Sedikit cerita, Norgay merasa prihatin dengan kesulitan yang dialami keluarga di wilayah Everest akibat cedera dan kematian yang sering menimpa pendaki suku Sherpa --suku di Nepal dan Tibet yang hidup di lereng pegunungan Himalaya.

Oleh karena itu, ia melatih para Sherpa muda melalui Himalayan Mountaineering Institute yang didirikannya pada tahun 1954.

Baca juga: Menghitung Waktu Bersama Rolex pada Balapan ke 100 Le Mans 24 Jam

Rolex rayakan 70 tahun pendakian Gunung Everest Rolex rayakan 70 tahun pendakian Gunung Everest

Norgay juga memberikan dukungan keuangan kepada janda-janda serta meningkatkan akses masyarakat terhadap perawatan kesehatan, pekerjaan, dan pendidikan.

Dalam rangka memperingati 70 tahun pendakian Norgay dan Hillary, kedua yayasan keluarga dengan dukungan Rolex Perpetual Planet Initiative merenovasi dua pusat kebudayaan di wilayah Everest.

"Pusat-pusat kebudayaan ini dibuat khusus untuk menyajikan sejarah dan identitas masyarakat Sherpa," demikian bunyi keterangan resmi mereka.

"Serta menjadi platform untuk meningkatkan kesadaran mengenai masalah lingkungan di area itu dan merayakan kontribusi berharga masyarakat Sherpa dalam dunia mendaki gunung, seperti yang dilakukan dua pendaki legendaris sepanjang hidup mereka."

Baca juga: Rolex Rayakan Inisiatif Seni Ke-20 di Athena

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com