Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2023, 04:26 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada akhir pekan lalu, komunitas dan profesional di bidang seni dari berbagai generasi di seluruh dunia berkumpul di Athena, Yunani.

Hal ini dilakukan dalam rangka merayakan anniversary Rolex Mentor and Protege Arts Initiative yang ke-20, serta dimulainya Rolex Arts Festival.

Untuk pertama kalinya, Rolex mengadakan perayaan selama seminggu penuh guna memeringati momen bersejarah ini.

Perayaan tersebut terbagi menjadi dua segmen, yaitu acara pra-festival (22-25 Mei) dan Rolex Arts Festival (26-28 Mei).

Tidak kurang dari 80 mentor dan anak didik (protege) seni Rolex memenuhi kota Athena dengan pertunjukan, acara, dan diskusi yang menggambarkan dampak dan pentingnya warisan artistik serta hubungan kreatif.

Rolex Arts Festival Rolex Arts Festival

Upacara gala yang diadakan pada tanggal 26 Mei menjadi awal Rolex Arts Festival, menampilkan pertunjukan mentor Rolex seperti Robert Wilson, Sir David Chipperfield, dan Dianne Reeves.

Juga, momen ini menandai penayangan perdana ARTEMIS: Fountain, komisi Rolex Arts Festival yang mempersembahkan karya komposer Peru, Pauchi Sasaki yang dilakukan 30 anggota paduan suara Yunani, CHORES.

Diawali pada tahun 2002, Rolex Mentor and Protege Arts Initiative bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran antar generasi seniman yang berbeda dan membantu melestarikan warisan budaya dunia.

Hingga saat ini, inisiatif tersebut telah melibatkan 63 pasangan mentor dan protege dari 37 negara.

Rolex Arts Festival Rolex Arts Festival

"Kami tidak pernah membayangkan bahwa 20 tahun kemudian, para mentor dan mantan protege yang kini menjadi peserta seni Rolex akan membentuk komunitas yang melintasi seluruh dunia."

Begitu pemaparan Rebecca Irvin, kepala program mentoring di Rolex dalam siaran pers yang dihimpun Kompas.com.

"Ratusan penasihat dan nominator terkemuka dari berbagai belahan dunia juga telah memberikan kontribusi keahlian mereka pada program ini."

"Kami mengadakan acara ini di Athena untuk pertemuan sukacita dengan komunitas program mentoring, merenungi apa yang sudah kita capai dan membagikan prestasi ini kepada publik melalui Rolex Arts Festival," imbuhnya.

Baca juga: Menghitung Waktu Bersama Rolex pada Balapan ke 100 Le Mans 24 Jam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com