Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2024, 18:00 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Siapa bilang usia harus mencerminkan gaya? Seringkali yang sudah berumur pun bisa tampil muda, dan sebaliknya yang remaja bisa tampil dewasa.

Namun, seringkali pilihan pakaian kita dapat secara tidak sengaja menambah beberapa tahun ke penampilan kita, membuat kita tampak lebih tua.

Mungkin kamu berpikir beberapa jenis pakaian akan selalu membuat orang tampak muda, misalnya jeans. Namun ternyata gaya jeans tertentu bisa membuat kita tampak lebih tua dari umur sebenarnya.

Dalam dunia fashion, ada beberapa rahasia kecil yang dapat membantu kita tetap tampil trendi tanpa harus mengorbankan kenyamanan atau penampilan yang bersahaja. Jadi, jika kamu ingin menjaga penampilan tetap segar dan muda, hindari 10 gaya jeans yang membuatmu terlihat lebih tua.

Baca juga: Catat, 10 Jenis Celana Jeans untuk Perempuan

10 gaya jeans yang membuat terlihat lebih tua

1. Skinny jeans

Jika ada satu tampilan yang jelas-jelas ketinggalan zaman pada saat ini adalah skinny jeans.

"Jika kamu melihat gaya yang populer sebelum Covid-19, kemungkinan besar gaya tersebut sudah dianggap ketinggalan zaman pada tahun 2024," ujar Yenia Hernández Fonseca, penata gaya, pakar mode mewah, dan kontributor untuk Margo Paige.

Menurut Yenia skinny jeans saat ini sudah ketinggalan zaman, dan orang beralih ke model lain untuk menggantikannya.

"Meskipun saya harus mengakui bahwa saya adalah penggemar beratnya, saya sekarang memilih untuk memilih model boot cut yang ramping. Celana ini memberikan dukungan yang sama di sekitar pinggul dan bokong, sekaligus membuat kaki tampak lebih panjang dari yang dapat diberikan oleh skinny jeans," katanya.

Ilustrasi skinny jeansShutterstock Ilustrasi skinny jeans

2. Cropped skinnies

Jika kamu menyukai denim berpotongan cropped, beberapa gaya akan terlihat awet muda di tahun 2024 seperti jeans dengan kaki lebih lebar, jeans berpotongan barel, atau jeans berpotongan lurus yang santai, misalnya. Namun, cropped skinnies tetaplah skinnies dan sebaiknya dihindari jika ingin tampil kekinian.

"Sejujurnya, hemline yang dipotong akan memangkas kenampakan kaki dengan panjang yang aneh. Sebagai gantinya, cobalah horseshoe jean," saran Fonseca.

Fonseca menyarankan untuk memakai horseshoe jean karena bentuknya yang terstruktur.

"Siluetnya yang terstruktur tidak akan menyeret Anda ke bawah karena ukurannya masih proporsional dengan tubuh Anda, ditambah ujungnya yang meruncing di bagian pergelangan kaki menambah kesan dramatis dengan cara yang paling keren," sambung Fonseca.

Baca juga: 7 Warna Terbaik untuk Dipasangkan dengan Jeans

3. High-waisted jeans yang sangat tinggi

Hemline dan potongan telah meningkat popularitasnya dengan sangat cepat selama beberapa tahun terakhir.

Jeffrey Ampratwum, seorang pakar gaya dan profesor di Fashion Institute of Technology (FIT) di New York City, mengatakan bahwa celana jeans berpinggang tinggi dapat membuat kita terlihat lebih tua.

"Meskipun celana dan jeans berpinggang tinggi memang bagus, namun jeans dengan pinggang yang terlalu tinggi dapat memberikan penampilan yang tidak rapi," kata Ampratwum kepada Best Life.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com