Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2024, 19:29 WIB
Via Furgativa Gumilar ,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki rambut yang tebal dan lebat menjadi idaman setiap orang, sehingga tak jarang penggemar kecantikan menanyakan bagaimana caranya agar rambut tumbuh dengan tebal, dan tidak mudah rontok.

Dari rutin memakai masker rambut, menggunakan hair oil setiap habis keramas, serta mengonsumsi suplemen dan menggunakan shampo khusus, sudah kita lakukan. Tapi mengapa kerap kali hasilnya tidak sepadan?

“Kurangi jumlah produk yang digunakan untuk melebatkan pertumbuhan rambut, tapi pastikan untuk konsisten menggunakan produknya karena itu kunci keberhasilannya,” ujar Debby Vellozzi, kepala pengembangan produk di Virtue Labs.

Baca juga: 11 Kebiasaan untuk Mendapatkan Rambut Sehat

Tips agar rambut tebal dan sehat

Dilansir dari harpersbaazar.com seorang artist hairtylist dan ahli trikologi professional membagikan tips agar rambut tumbuh tebal dan tidak rontok dengan cara yang sederhana.

1. Perhatikan makanan

Menurut Michelle Blaisure, spesialis produk serta ahli trikologi untuk Bosley Professional Strength , pola makan yang kaya lemak sehat sangat penting untuk menumbuhkan rambut tebal dan sehat.

“Meskipun genetika menentukan tekstur dan bentuk rambut, pola makan kita berperan dalam menumbuhkan rambut yang sehat,” kata Blaisure.

Blaisure juga mengatakan untuk memastikan mendapatkan banyak protein berkualitas dan lemak baik seperti minyak zaitun dan omega-3.

Makanan yang direkomendasikan adalah salmon, alpukat, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan untuk mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk rambut yang lebih tebal dan sehat.

2. Menggunakan shampo dan kondisioner yang tepat

Setiap rambut memiliki karakter yang berbeda-beda, maka penting bagi kita memilih shampo dan kondisioner sesuai dengan kebutuhan rambut.

Salah satu pemilik Cutler x Arlo Salon, Jenny Balding mengatakan mereka yang memiliki rambut halus harus mencari sampo dan kondisioner penambah volume, untuk meningkatkan tampilan ketebalan dan menambah kilau.

Sedangkan untuk yang memiliki rambut kasar, Balding menyarankan produk yang bisa membuat rambut lembut dan lembap.

“Agar lebih praktis pilihlah shampo yang membersihkan kulit kepala dengan lembut dan kondisioner yang meningkatkan hidrasi, diterapkan pada bagian tengah hingga ujung rambut,” ungkap Lars Skjoth, CEO dan pendiri Harklinikken.

Baca juga: Agar Rambut Sehat, Seberapa Sering Harus Keramas

3. Jangan terlalu sering keramas

Kesalahan umum yang kerap dilakukan banyak orang adalah mencuci rambut terlalu sering, sehingga membuat rambut rusak. Menurut Lucy Flora, stylist di Suite Reyad di Pierre Hotel di New York City, kesalahan nomor satu yang dilakukan klien adalah keramas berlebihan.

“Keramas terlalu sering akan menghilangkan minyak alami rambut. Padahal tidak ada yang bisa menandingi fungsi minyak alami pada rambut, yang bisa membuat rambut lebih sehat dan bercahaya,” kata Flora.

Sebaiknya keramas cukup dilakukan dua kali seminggu, agar minyak alami rambut tidak hilang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com