Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Japanese Head Spa Dibanding Perawatan Rambut Lainnya

Kompas.com - 28/02/2024, 19:04 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu tren kecantikan terkini yang banyak dibicarakan adalah Japanese head spa

Sejumlah calon kecantikan dan tempat spa, kini menawarkan treatment Japanese head spa, yang merupakan perawatan rambut dan kulit kepala tersebut. 

Salah satunya House of Urara, salon kecantikan yang baru dibuka pada Desember 2023 lalu, juga menawarkan treatment Japanese head spa ini. 

“Kita buka memang awalnya untuk memanfaatkan keviralan ya, tapi kita enggak mau jadi brand yang viral aja. Kita pengen (customer) datang lagi, karena kita kan membantu masalah kulit kepala dan rontok,” ujar Ivana Harjadi, selaku co-founder dari House of Urara, saat ditemui Kompas.com di salonnya, Selasa (27/2/2024). 

Baca juga: Lagi Jadi Tren di Media Sosial, Apa Itu Japanese Head Spa?

Baca juga: 6 Cara Perawatan Rambut Kering Menurut Pakar

Keunggulan Japanese head spa

Fokus ke perawatan kulit kepala

Step sculp check sebelum melakukan Japanese head spa di House of Urara, Selasa (27/2/2024).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Step sculp check sebelum melakukan Japanese head spa di House of Urara, Selasa (27/2/2024).

Lebih lanjut, co-founder House of Urara lainnya, yakni Nouva Puspita juga menjelaskan keunggulan apa saja yang ada di Japanese head spa

“Kami memfokuskan ke dasar tujuan utamanya, yaitu perawatan kepala. Jadi keunggulan yaitu lebih ke merawat kulit kepala berdasarkan masalah-masalah yang dialami para customer yang datang ke sini,” kata Nouva kepada Kompas.com.

Baca juga: Beda Ketombe dan Kulit Kepala Kering Serta Perawatannya

Nouva pun menjelaskan, salah satu step yang akan dilalukan sebelum treatment adalah melakukan scalp check, atau pengecekan kulit kepala. 

Saat melakukan pengecekan kulit kepala, maka kondisi kulit kepala akan terlihat. Mulai dari berminyak, kering, ketombe, atau bahkan terjadi penipisan rambut. 

Treatment disesuaikan dengan permasalahan yang dialami

Treatment Japanese head spa di salon House of Urara, Selasa (27/2/2024)KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Treatment Japanese head spa di salon House of Urara, Selasa (27/2/2024)

Jika kondisi kulit kepala sudah diketahui, nantinya pihak salon akan memberikan rekomendasi hair oil atau minyak rambut apa yang akan digunakan saat treatment

“Setiap minyak rambut yang kita pakai, punya kegunaannya masing-masing. Misalnya untuk rambut kering, atau rambut lepek, itu hair oil-nya akan berbeda. Tapi minyak yang kita gunakan ini aman untuk digunakan semua orang kok termasuk ibu hamil dan ibu menyusui, karena pakai bahan-bahan alami,” tambah Nouva. 

Baca juga: Benarkah Hair Oil Atasi Rambut Rontok? Ini Mitos dan Faktanya

Ketika melakukan scalp check, Ivana juga mengatakan bahwa penyebab masalah rambut seseorang bisa diketahui. 

“Terkadang setelah dicek, jadi ketahuan kalau customer itu penyebab masalah rambutnya karena apa. Mungkin karena sampo kah, atau bisa juga karena sebum di kulit kepala yang berlebih. Macam-macam penyebabnya, tapi kami bisa atasi sesuai masalahnya,” lanjut Ivana. 

Masalah rambut yang bisa diatasi 

Ilustrasi perawatan kebotakan dan rambut rontokERHA Ilustrasi perawatan kebotakan dan rambut rontok

Bagi kamu yang punya permasalahan rambut dan kulit kepala, tak ada salahnya untuk menjajal treatment ini. 

“Biasanya yang datang ke sini adalah orang-orang yang punya masalah ketombe. Kadang mereka cerita juga ada yang udah gonta-ganti sampo tapi enggak kunjung mereda, ternyata pas dicek bukan masalah ketombe, tapi justru kondisi kulit kepalanya memang kering,” kata Nouva. 

Baca juga: Psoriasis Kulit Kepala dan Ketombe, Apa Bedanya?

Semua kondisi rambut bisa ditangani, karena sebelum dilakukan perawatan, akan dilakukan pengecekan kondisi kulit kepala (scalp check) terlebih dahulu. 

“Biasanya kalo enggak (ngalamin) ketombe, rambutnya rontok, atau enggak rambutnya cepat lepek. Kalau misalnya mengalami kondisi yang serius, memang enggak bisa disembuhin di kita (treatment Japanese head spa), tapi kami bisa membantu biar kondisinya enggak semakin parah,” pungkas Ivana.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com