Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2024, 10:30 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Rok plisket atau pleated skirt merupakan jenis rok yang memiliki ciri khas lipatan vertikal. Rok plisket ini sempat menjadi tren fesyen di era 90-an. 

Setelah popularitasnya sempat redup, kini rok plisket kembali menjadi salah satu item fesyen yang banyak digemari perempuan. Selain nyaman, rok plisket membuat penampilan tampak lebih feminin. 

Baca juga:

Namun demikian, detail lipatan vertikal pada rok plisket membutuhkan perawatan khusus agar bentuknya tetap terjaga. Berikut cara merawat rok plisket agar awet seperti dihimpun Kompas.com dari Women’s Weekly dan Good Housekeeping. 

Cara merawat rok plisket

1. Baca label perawatan 

Sebelum mencuci rok plisket, sebaiknya kamu membaca label perawatannya. Periksa lebih dulu apakah rok plisket tersebut dapat dicuci dengan mesin. 

Sebab, ada sejumlah rok plisket dari bahan tertentu yang dianjurkan tidak dicuci dalam mesin. Sebagai gantinya, kamu bisa mengucek rok plisket tersebut menggunakan tangan. 

Selain proses pencucian, hal yang perlu diperhatikan adalah langkah penyetrikaan. Ada sejumlah rok plisket yang dianjurkan tidak disetrika, karena teknik menyetrika yang salah dapat merusak bentuk lipatannya.

2. Cuci dengan tangan

Teknik mencuci paling tepat agar rok plisket awet adalah dengan menggunakan tangan. Cukup dengan merendam rok plisket menggunakan detergen. 

Setelah direndam beberapa saat, kucek perlahan menggunakan tangan. Hindari mengucek terlalu keras atau menggosok menggunakan sikat karena bisa merusak bentuk lipatannya. 

3. Hindari mesin pengering 

Setelah dicuci, peras secara perlahan agar tidak merusak bentuk lipatan aslinya. Selain itu, hindari menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan rok plisket. 

Cukup gantung rok plisket di lokasi yang banyak angin sehingga membantu proses pengeringnya. Tidak disarankan menjemur rok plisket di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama karena bisa merusak warnanya. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com