Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jenis Berlian yang Langka tapi Masih Banyak Dicari

Kompas.com - 21/03/2024, 15:15 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berlian merupakan salah satu perhiasan yang bernilai jual tinggi karena kelangkaan dan keindahannya. 

Meski banyak perhiasan berlian yang ada di pasaran, namun tak semua berlian punya nilai yang sama. 

Ada jenis berlian yang memang sangat langka, bahkan keberadaannya kurang dari satu persen di seluruh dunia.

Baca juga: Apakah Berlian Cocok Jadi Investasi?

Baca juga: Tren Berlian 2024: Lebih Unisex

Salah satu perusahaan ritel berlian Mondial, menjual jenis berlian yang satu ini. Berlian tersebut dijual dengan sebutan “Light of Mondial” atau disingkat sebagai LOM. 

“Berlian yang ini (LOM) kita sebut sebagai dewanya berlian, karena ini the most beautiful, perfect, bahkan,” ujar General Manager Mondial, Leslie Christian Saputra, kepada awak media dalam sesi media gathering di butik Mondial Plaza Indonesia, Rabu (21/3/2024). 

Lebih lanjut ia pun menjelaskan mengapa jenis berlian LOM ini menjadi berlian yang dinilai paling sempurna di antara berlian lainnya. 

Merupakan berlian tipe IIA dan punya grade D

Salah satu cincin berlian kategori MEC Ultimate, yang dijual di Mondial. KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Salah satu cincin berlian kategori MEC Ultimate, yang dijual di Mondial.

Leslie pun mengungkap berlian yang termasuk dalam jenis LOM ini memiliki tipe IIA. 

Perlu diketahui, berlian tipe IIA, merupakan jenis berlian yang sama sekali tidak memiliki warna, sehingga warnanya terlihat bening dan transparan. 

“Type IIA ini merupakan tipe paling bagus atau paling tingginya berlian. Kalau berlian yang kamu punya itu type IIA, udah pasti mahal itu, karena dari segi warna bening banget dan pantulan cahayanya itu bagus banget,” jelas Leslie dalam kesempatan yang sama. 

Baca juga: Perhiasan Berlian Selalu Mahal, Benarkah?

Ia pun menjelaskan, hal ini bisa dibuktikan dari sertifikasi yang Mondial miliki, salah satunya dari GIA (Gemological Institute of America) untuk jenis berlian yang satu ini. 

Selain itu, jenis berlian LOM ini memiliki kategori warna D-color dan punya clarity kategori flawless

“Yang jual berlian D-color dan (clarity) flawless itu banyak, tapi yang berliannya tipe IIA, hampir enggak ada. Makanya ini sangat langka,” tambahnya. 

Banyak dicari orang

Leslie Christian Saputra, General Manager Mondial, saat sesi intimate media gathering di butik Mondial Plaza Indonesia, Rabu (20/3/2024).KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Leslie Christian Saputra, General Manager Mondial, saat sesi intimate media gathering di butik Mondial Plaza Indonesia, Rabu (20/3/2024).

Atas kelangkaan itu, akhirnya banyak orang yang berbondong-bondong untuk memiliki berlian LOM ini.

Baca juga: Perhiasan Berlian dengan Cushion Cut Diprediksi Ngetren pada 2024

Bahkan menurutnya, banyak pelanggan setia Mondial yang rela menanti bertahun-tahun untuk mendapatkan LOM. 

That’s why stok kita pun sangat, sangat, sangat, sangat terbatas. So far, Mondial kan punya 14 stores ya, dari 14 stores ini kita cuma punya satu butir LOM. Itu pun sekarang udah laku dibeli orang,” pungkasnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com