Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2024, 18:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sebagian orang masih menganggap berlian adalah perhiasan mahal, sehingga ragu untuk membeli atau bahkan sekadar menanyakannya kepada penjual di toko perhiasan.

Padahal, memiliki perhiasan berlian bisa menjadi alternatif untuk melengkapi penampilan. Beberapa toko perhiasan juga menerima tukar tambah dan penjualan berlian, sehingga pembeli tak dapat menjualnya sewaktu-waktu.

Baca juga: Cincin Tunangan dan Nikah, Apakah Sama?

Tapi, apakah benar berlian adalah perhiasan mahal yang sulit dijangkau?

Perhiasan berlian selalu mahal, benarkah?

Perhiasan berlian mahal bukan tanpa alasan.

Merchandise Director Central Mega Kencana, Tanya Alissia menjelaskan, secara nilai, berlian memang memilik harga tinggi karena prosesnya yang panjang.

"Jadi bahwa berlian itu memang mahal, It's very valuable. Karena asalnya dari alam, ditambang jutaan tahun lamanya sehingga menjadi diamond. Nature item pasti harganya lebih mahal dari yang tidak natute," ujar Tanya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (21/1/2024).

Kendati demikian, Tanya menekankan pentingnya pembeli cermat memilih tempat membeli berlian agar tidak mendapatkan harga yang kemahalan.

Desainer Monica Ivena (tengah kiri) dan Director Central Mega Kencana, Tanya Alissia saat menjelaskan koleksi kolaborasinya dengan Frank & Co yang bertajuk Love Poetry Collection saat dihadirkan dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (12/1/2024).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Desainer Monica Ivena (tengah kiri) dan Director Central Mega Kencana, Tanya Alissia saat menjelaskan koleksi kolaborasinya dengan Frank & Co yang bertajuk Love Poetry Collection saat dihadirkan dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa kualitas berlian ditentukan oleh 4C, yakni carat, color, cut, dan clarity. Seluruhnya sangat berhubungan.

Beberapa toko berlian mungkin menjual dengan harga yang relatif lebih "murah". Namun, kualitasnya bisa saja sangat berbeda.

"Contoh, beda colorgrade bedanya sudah 10 persen. Beda clarity, another 10 persen. Jadi sangat berhubungan," tuturnya.

Baca juga: Tips Merawat Cincin Tunangan Berlian agar Awet

Lalu, berapa harus menyiapkan uang jika hendak membeli berlian?

Tanya mencontohkan, di salah satu merek yang berada di bawah naungan Central Mega Kencana, misalnya, pendant diamond bisa didapatkan mulai dari Rp 880.000.

Sementara di Frank & co sudah bisa membawa pulang pendant hati seharga Rp 2,7 jutaan.

"Yang paling penting buat pelanggan adalah untuk membeli di toko yang memberikan harga sesuai kualitasnya," ucap Tanya.

"Pelanggan diedukasi tentang diamond, jadi tahu oh yang dibeli bukan kemahalan, tapi memang ada value-nya," sambung dia.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com