Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Central Mega Kencana Raih SNI Award 2023 Kategori Perhiasan

Kompas.com - 22/11/2023, 17:36 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen perhiasan yang menaungi merek seperti Mondial, Frank & co., dan The Palace Jeweler, PT Central Mega Kencana (CMK) meraih SNI Award di tahun 2023.

Penghargaan ini SNI Award 2023 semakin membuktikan CMK sebagai pelaku ritel industri perhiasan pertama yang bukan hanya mengantongi sertifikasi SNI untuk perhiasan emas 18 karat dan kadar tepat 75,5 persen, tapi juga memiliki komitmen akan kualitas perhiasan yang baik.

Penganugerahan SNI Award sudah digelar untuk ke-18 kalinya sejak 2005. Penilaian SNI Award dilakukan berdasarkan pada performance organisasi dari 7 kriteria yaitu: kepemimpinan, strategi, pelanggan, manajemen sumber daya, operasi (proses bisnis), analisis dan peningkatan kinerja, serta hasil bisnis.

Kriteria itu dikembangkan berdasarkan pendekatan kerangka kerja Malcolm Baldridge, SNI ISO 9004:2018 Manajemen mutu - Mutu organisasi - Panduan mencapai sukses berkelanjutan, serta sistem penilaian kinerja yang lain.

"SNI Award merupakan apresiasi yang diberikan oleh pemerintah Republik Indonesia kepada para pelaku usaha serta organisasi yang konsisten menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI)."

"Untuk itu, para pemenang SNI Award diharapkan dapat menjadi role model bagi industri Indonesia untuk menerapkan standardisasi dan penilaian kesesuaian dalam mewujudkan organisasi yang berkelanjutan," ucap Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad.

Baca juga: Mengintip Koleksi Perhiasan Berlian CMK di EMWF 2023 

Selain itu, adanya SNI Award ini diharapkan juga dapat memberikan kesadaran kepada para konsumen untuk memilih perhiasan emas yang telah bersertifikasi SNI agar lebih aman dan nyaman.

Sasaran dari SNI Award agar para peraih penghargaan mampu mewujudkan kinerja unggul dan berkelanjutan sehingga berdaya saing di tingkat nasional maupun global.

SNI Award 2023 yang diterima CMKDok. CMK SNI Award 2023 yang diterima CMK

"Dengan komitmen yang tinggi pada kesempurnaan, melalui sumber daya perajin profesional dan teknologi mutakhir, kami akan terus memproduksi karya-karya berkualitas lainnya standar yang sudah ditentukan, dan tetap berinovasi melalui perhiasan dan servis yang kami berikan," kata Petronella Soan, Operation Retail Director, Central Mega Kencana dalam pernyataannya.

Lebih lanjut, standarisasi dalam konteks ini cukup memainkan peran penting setelah ditetapkannya lebih dari 14.817 SNI oleh Badan Standardisasi Nasional.

Saat ini, lebih dari 2.998 Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) telah aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan terkait standardisasi, termasuk pengujian, inspeksi, dan sertifikasi.

"Kami berharap penghargaan ini akan mendorong semangat serta dapat meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi," jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto.

Baca juga: Kolaborasi CMK dan Bridestory Menampilkan Web Series di YouTube 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com