Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2024, 12:12 WIB
Chrisstella Efivania Rosaline,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, investasi bisa dilakukan melalui platform apa pun dan dengan bentuk aset yang beragam. 

Jika dikelola dengan benar, investasi mampu menjadi sumber penghasilan pasif, dan menjadi suatu hal yang sangat menjanjikan di masa mendatang. 

Baca juga: Tren Berlian 2024: Lebih Unisex

Baca juga: Perhiasan Berlian dengan Cushion Cut Diprediksi Ngetren pada 2024

Tak hanya emas, saat ini perhiasan seperti berlian juga menjadi salah satu aset yang bisa dijadikan investasi. Sebab, berlian merupakan jenis batu mulia yang paling mahal, langka, dan keras di dunia. 

Lantas, apakah investasi menggunakan berlian itu efektif? Berikut jawabannya. 

Berlian cocok jadi investasi, tapi…

Leslie Christian Saputra, General Manager Mondial, saat sesi intimate media gathering di butik Mondial Plaza Indonesia, Rabu (20/3/2024).KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Leslie Christian Saputra, General Manager Mondial, saat sesi intimate media gathering di butik Mondial Plaza Indonesia, Rabu (20/3/2024).

Menurut General Manager salah satu ritel berlian Mondial, Leslie Christian Saputra, berlian merupakan salah satu aset yang dinilai menjanjikan karena harga jualnya yang sangat mahal. 

“Berlian secara general, memang bisa dijadikan investasi. Investasi kalau dilihat dari segi nilai, obviously akan bertambah banyak dari tahun ke tahun,” ujar Leslie dalam sesi media gathering di butik Mondial Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024) sore. 

Baca juga: Perhiasan Berlian Selalu Mahal, Benarkah?

Meski demikian, Leslie pun mengingatkan soal likuiditas dari berlian dalam investasi. 

Diketahui, likuiditas adalah tingkat efektivitas atau kemudahan sebuah aset untuk dapat diubah menjadi uang. Semakin likuid suatu aset, maka semakin mudah pula diuangkan. 

“Berlian kalau dari segi likuiditas, enggak secepat itu untuk dijual. Bahkan, bisa bertahun-tahun kemudian baru berhasil terjual,” tambah Leslie. 

Menurutnya, untuk sesuatu yang bersifat urgent, menjual berlian bukan suatu hal yang efektif. 

Salah satu cincin berlian kategori MEC Ultimate, yang dijual di Mondial. KOMPAS.com/CHRISSTELLA EFIVANIA ROSALINE Salah satu cincin berlian kategori MEC Ultimate, yang dijual di Mondial.

“Kalau ada satu keadaan urgent, likuiditas ini penting. Jadi don’t put standard kalau berlian itu efektif untuk investasi. Puji Tuhan sih kalau untung, tapi untuk terjual saja itu butuh effort yang lama,” lanjutnya. 

Meski demikian, Leslie pun menjamin bahwa berlian yang dijual di Mondial punya likuiditas lebih cair dibanding berlian lainnya. 

Sebab, kata Leslie, melalui komunitas CMK Club yang Mondial miliki, jual-beli itu menjadi lebih mudah dan efektif. 

Baca juga: Bleu Royal Dilelang Rp 691 M, Menjadi Salah Satu Berlian Termahal

“Likuiditas untuk berlian yang belinya di Mondial pasti likuid. Maksimal 3 hari kerja uangnya langsung cair. Bahkan ada beberapa platform yang baru dibuka, itu less than 2 hours dananya langsung masuk,” 

“Bagaimana pun juga, dana urgent itu kan pasti semua orang mengalami ya. Lebih baik bawa rumah dalam bentuk perhiasan, daripada rumah aslinya, karena berlian kan harganya sampai seharga rumah,” pungkasnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com