Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Loafers dengan Kaus Kaki Pendek, Ya atau Tidak?

Kompas.com - 21/03/2024, 16:16 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren mode selalu menjadi ajang perdebatan yang menarik. Salah satu topik yang hangat diperbincangkan di kalangan penggemar fashion adalah penggunaan loafers dengan kaos kaki pendek.

Bagi sebagian orang, kombinasi ini mungkin terdengar seperti kesepakatan saja, sementara bagi yang lain, itu mungkin terlihat sebagai pelanggaran besar dalam etiket berpakaian. Tapi, apakah benar-benar demikian?

Untuk menjawab keraguan tersebut, kompas.com berbicara dengan Adi Surantha, seorang Fashion Stylist yang memberikan pandangan menarik terkait gaya ini.

Baca juga: Mengenal Loafers, Sepatu Tanpa Tali yang Bisa Dikenakan Kasual atau Resmi

Penggunaan loafers dengan kaus kaki pendek

ilustrasi sepatu loafers ilustrasi sepatu loafers
Menurut Adi, mengenakan loafers dengan kaos kaki pendek pada dasarnya adalah kombinasi yang kurang ideal, terutama bagi pria. Ia menjelaskan bahwa loafers atau sepatu jenis driving shoes memang memiliki sejarah yang erat dengan budaya Italia.

"Loafers memang diluncurkan di Italia, yang memiliki budaya yang sangat dekat dengan budaya Indonesia," terang Adi saat dihubungi oleh kompas.com, Jakarta Pusat, Kamis (21/03/2024).

Salah satu alasan mengapa kombinasi ini dianggap kurang sesuai adalah karena karakteristik sepatu loafers yang lebih cocok untuk aktivitas santai atau sehari-hari, terutama di kalangan kelas atas.

"Loafers memang sebaiknya tidak dipadukan dengan kaos kaki karena biasanya digunakan untuk aktivitas yang kasual atau sehari-hari, terutama di kalangan kelas atas," tambah Adi.

Jadi, meskipun kombinasi loafers dan kaos kaki pendek mungkin bukan pilihan yang paling tepat, namun kamu masih memiliki banyak opsi untuk mengekspresikan gaya kamu dengan menggunakan sepatu ini.

Ingatlah untuk selalu mengutamakan kenyamanan dan kesesuaian dengan kesempatan saat memilih gaya berpakaian kamu.

Baca juga: Bagaimana Aturan Memakai Sepatu Loafers, Resmi atau Kasual?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com