Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Netizen Suka Mengikuti Kisah Perselingkuhan Artis?

Kompas.com - 22/03/2024, 13:13 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kisah perselingkuhan di kalangan artis bukanlah hal yang langka terjadi di dunia hiburan. Namun, masih banyak netizen yang gemar mengikuti drama perselingkuhan para selebritas.

Misalnya, belum lama ini, dua artis Korea Han So Hee dan Ryu Jun Yeol dikabarkan menjalin hubungan asmara setelah diduga terlibat perselingkuhan.

Netizen pun banyak yang berusaha untuk mencari informasi tentang rumor ini. Bahkan, tak jarang ada yang langsung menghujat mereka di media sosial (medsos).

Lantas, mengapa masih banyak orang atau netizen yang sepertinya suka mencampuri urusan atau kisah-kisah perselingkuhan artis?

Baca juga: 7 Profesi Teratas Pria yang Lebih Rentan Perselingkuhan

Nah, beberapa psikolog pun memberikan penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

Ketertarikan netizen dengan kisah perselingkuhan artis

Menurut psikolog klinis Tiara Puspita, sebenarnya tidak alasan tertentu mengapa netizen suka mengikuti kisah atau drama perselingkuhan artis.

Namun, netizen sering kali tertarik dengan kisah perselingkuhan selebritas karena hal tersebut memberikan sensasi dan drama dalam kehidupan selebritas yang mereka ikuti.

"Ini membuat mereka merasa terlibat dalam kehidupan pribadi selebritas dan memberikan hiburan tambahan dalam kehidupan sehari-hari," kata Tiara melalui jawabannya tertulisnya kepada Kompas.com, Kamis (21/3/2024).

Ia mengatakan, semakin banyak drama dalam cerita selebritas tersebut dan semakin populer sosok selebritas yang mengalami drama, semakin tinggi juga minat netizen untuk mengikuti cerita yang sedang terjadi.

Hal yang sama pun diungkapkan oleh psikolog Meity Arianty STP, MPsi, bahwa segala hal tentang kehidupan artis akan menjadi daya tarik bagi netizen, apalagi yang menyangkut percintaan.

"Secara psikologis, kecenderungan orang-orang akan tertarik dengan gosip, terlebih jika itu menyangkut artis idola mereka," terangnya.

Untuk mencegah netizen masuk terlalu jauh ke dalam kehidupan artis, para psikolog pun menekankan pentingnya kesadaran diri (self awareness) baik ketika menonton film atau drama, maupun ketika menjadi penggemar.

Baca juga: Marak Kasus Perselingkuhan Disebarkan ke Media Sosial, Apa Sebabnya?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com