Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan ke Medsos, Komunikasi Terbuka Jadi Cara Atasi Perselingkuhan

Kompas.com - 02/01/2024, 15:06 WIB
Dinno Baskoro,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan ini, marak terjadi kasus perselingkuhan yang terbongkar di media sosial. Tak dipungkiri, langkah ini terlihat sebagai cara efektif bagi korban  perselingkuhan guna memberi efek jera kepada si peselingkuh.

Namun sebetulnya, menyebarkan masalah internal, misalnya perselingkuhan, di media sosial dapat berdampak signifikan bagi yang terlibat dan masyarakat yang menerima informasi itu.

Baca juga: 5 Fase Emosional Pelaku Perselingkuhan Usai Kebohongannya Terbongkar 

"Mengumbar di media sosial itu perlu dipikirkan kembali dampaknya, apakah memang membuatnya jera atau malah memperburuk masalahnya," kata psikolog klinis dari situs konseling daring yang berbasis di Jakarta, Ikhsan Bella Persada, M. Psi.

Menurut Ikhsan, masalah perselingkuhan dapat terselesaikan dengan baik jika pasangan menenangkan diri terlebih dahulu dan agar tidak melakukan hal yang ceroboh.

Saat sudah bisa menenangkan diri, mereka dapat melihat lebih jernih apakah hubungan pernikahan ini masih bisa diperbaiki atau harus berakhir dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang terjadi.

Sebab, bukan tidak mungkin masalah yang terlanjur menjadi konsumsi publik dapat membuat situasi menjadi lebih buruk dan kondisinya jadi sulit dikendalikan.

"Setiap keputusan itu pasti ada positif dan negatifnya, namun jika tujuannya hanya untuk membuat efek jera maka harus pertimbangkan juga konsekuensinya," tambahnya.

Baca juga: Manfaat Cuddling dalam Hubungan, Bisa Cegah Pasangan Selingkuh 

Komunikasi terbuka jadi kunci atasi perselingkuhan

Ilustrasi pasangan komunikasi terbuka untuk mengatasi masalah perselingkuhanUnsplash Ilustrasi pasangan komunikasi terbuka untuk mengatasi masalah perselingkuhan

Mengingat ada dampak dari aib yang disebarkan ke media sosial, Ikhsan menyebutkan, komunikasi terbuka dengan pasangan dapat menjadi cara efektif dalam menyelesaikan berbagai masalah hubungan.

Dalam hal ini, masalah hubungan tersebut termasuk perselingkuhan. 

"Komunikasi memang jadi salah satu cara terbaik. Terlebih ketika sama-sama sudah menenangkan diri sehingga diharapkan pikirkan yang jernih dapat membantu melihat permasalahan lebih obyektif," jelasnya.

Baca juga: Berbagai Alasan Mengapa Kamu Mimpi Pasangan Selingkuh

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com