Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2023, 20:04 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu pernah terbangun dengan kesal karena bermimpi tentang perselingkuhan pasangan kamu? Jika iya, kamu pasti langsung memikirkan hal negatif tentang pasangan kamu.

Sebelum, memikirkan adanya orang ketiga, kamu perlu tahu jika mimpi tentang perselingkuhan bisa berarti banyak hal.

Deirdre Leigh Barrett, PhD, asisten profesor psikologi yang mengajar mata kuliah tentang mimpi di Universitas Harvard, mengatakan, untuk menafsirkan apa arti mimpi perselingkuhan seseorang harus bertanya kepada diri sendiri apa itu perselingkuhan? 

Lebih lanjut, tanyakan kepada dirimu hal-hal yang lebih spesifik, seperti bagaimana rasanya mengetahui pasangan kamu selingkuh, dan kapan kamu merasakannya dalam kehidupan nyata.

Apakah pasangan kamu dalam mimpi bertindak seperti dirinya di dunia nyata, atau apakah kepribadian mereka lebih mirip dengan orang lain yang kamu kenal?

Jawaban dari pertanyaan tersebut akan membantu kamu mengungkap makna spesifik dari mimpi yang kamu alami.

Berikut beberapa alasan umum kenapa kamu mimpi diselingkuhi.

Baca juga: 8 Alasan Wanita Selingkuh, Menurut Para Ahli

Ada semacam orang ketiga dalam hubungan

Lauri Loewenberg, seorang analis mimpi bersertifikat dan anggota Asosiasi Internasional untuk Studi Mimpi (IASD) mengatakan, alasan umum kamu bermimpi diselingkuhi adalah adanya orang ketiga.

"Sering kali, pasangan kamu memberikan waktu dan perhatian mereka yang menyebabkan kamu merasa ditinggalkan dan 'dicurangi'," jelas Loewenberg

Biasanya, penyebabnya adalah pekerjaan atau proyek sampingan, tapi bisa juga apa saja yang kamu inginkan agar pasangan kamu mengurangi waktunya.

Menurutnya, hal ini hampir selalu terjadi jika tidak ada riwayat perselingkuhan sebelumnya.

Kamu tidak mempercayai pasangan kamu

Loewenberg mengatakan jika sebelumnya kamu pernah diselingkuhi oleh pasangan saat ini atau pasangan di masa lalu, mimpi ini dapat diindikasikan sebagai ketidakpercayaan kamu terhadap pasangan.

Ini akan membuat kamu merasa terluka meski pasangan kamu tidak melakukan kesalahan. Luka itu akan memengaruhi perspektif kamu terhadap situasi saat ini.

Jika ini terjadi, Loewenberg menyarankan agar menemukan cara untuk menyembuhkan dan membangun kembali kepercayaan itu.

Merasa terganggu dengan kebiasaan genit pasangan

Saat kamu mengalami mimpi pasangan kamu berselingkuh, mungkin kamu sebenarnya merasa terganggu dengan pasangan kamu yang mengobrol dengan seseorang atau mengomentari Instagram orang lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com