Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2023, 15:22 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengenali tanda-tanda perselingkuhan tidak selalu mudah. Terkadang, tanda-tandanya halus dan sulit disadari.

Sebelum mengambil langkah lebih lanjut, seperti membuat keputusan berpisah secara emosional atau mencari bantuan profesional, penting untuk memastikan apakah kekhawatiran kamu beralasan.

Salah satu cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan mencari konfirmasi dari pasangan atau orang terdekat, atau mungkin dari orang yang terlibat dalam perselingkuhan tersebut.

Meskipun begitu, jika kita hanya berharap mendengar pengakuan dari mereka, ini mungkin tidak cukup untuk meredakan kecemasan yang menghantui pikiran.

Berikut beberapa tanda peringatan yang perlu diperhatikan.

Baca juga: 3 Tipe Orang Selingkuh, Ada yang Tidak Layak Dimaafkan

1. Enggan melakukan pembelian barang mahal bersama.

Menurut David Klow, seorang terapis keluarga berlisensi, ketika pasangan mau berkomitmen dalam pembelian besar seperti rumah atau mobil, itu menandakan keinginan mereka untuk tetap berada hubungan jangka panjang.

Namun, jika mereka enggan melakukannya karena alasan selain ekonomi itu bisa menjadi pertanda.

Pasalnya, melakukan pembelian tersebut akan membuat lebih sulit untuk keluar dari sebuah hubungan dengan cepat.

Baca juga: 3 Strategi untuk Mencegah Perselingkuhan Menurut Peneliti Monogami

2. Membawa ponsel ke mana-mana, bahkan ke kamar mandi

Sebelum membuat kesimpulan, perlu diingat bahwa beberapa orang memang terlalu terikat dengan ponsel mereka karena kebiasaan atau kebosanan, bukan karena perselingkuhan.

Namun, jika perilaku ini tiba-tiba muncul pada pasangan, itu bisa jadi peringatan.

Menurut Durvasula, seseorang yang menjalin hubungan tersembunyi tahu bahwa pesan dari orang lain bisa datang kapan saja. Karenanya mereka selalu berhati-hati.

Ilustrasi pasangan silent treatmentPixabay Ilustrasi pasangan silent treatment

3. Terus-menerus mengirim pesan

Perubahan perilaku adalah kuncinya. Jika tindakan pasangan mulai berubah, maka itu mungkin merupakan tanda perselingkuhan.

Ketika mereka terus-menerus mengirim pesan, itu bisa menjadi tanda. Meskipun mungkin karena alasan lain, jika kamu merasa curiga, penting untuk berbicara secara terbuka dengan pasangan.

4. Gestur tubuh berbohong

Ketika mencurigai pasangan berbohong, carilah kebiasaan yang tidak biasa. Lillian Glass, pakar bahasa tubuh mengatakan bergoyang-goyang ke sana kemari menunjukkan bahwa mereka merasa gugup di sekitar kamu.

Jika postur tubuh mereka yang sempurna jadi sering membungkuk atau ada perubahan lain, itu bisa menjadi tanda. Menurut Glass, membungkuk berarti mundur ke posisi janin-sesuatu yang dilakukan orang saat mereka merasa malu atau mereka tahu telah melakukan sesuatu yang salah.

Baca juga: 8 Faktor yang Menyebabkan Pasangan Selingkuh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com