Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Paling Bahagia di Asia Tenggara 2024, Indonesia Urutan Ke-6

Kompas.com - 26/03/2024, 14:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Laporan bertajuk World Happiness Report 2024 mengungkapkan ranking negara paling bahagia di dunia. Di kawasan Asia Tenggara, menurut laporan World Happiness Report 2024, Singapura menjadi negara paling bahagia. 

Tak hanya di kawasan Asia Tenggara, Singapura juga menjadi negara paling bahagia di Asia, dilansir dari CNBC. Negari Singa berhasil mempertahankan predikat tersebut selama dua tahun bertahun-tahun. 

Baca juga:

Sementara, secara global, Singapura berada di peringkat ke-30 dari total 143 negara yang disurvei. Singapura tercatat mengantongi skor 6,523.

“Singapura memiliki kinerja yang sangat baik dalam hal PDB per kapita, salah satu peringkat tertinggi dalam kumpulan data kami,” ujar Shun Wang, salah satu Penulis dan Editor World Happiness Report 2024 dilansir dari CNBC

Ilustrasi Singapura. Kompas.com/Rahma Atillah Ilustrasi Singapura.

Secara global, Finlandia dinobatkan kembali sebagai negara paling bahagia di dunia. Negara Nordik tersebut berhasil menduduki peringkat pertama negara paling bahagia di dunia sejak 2017.  

Peringkat tersebut berdasarkan skor negara terhadap penilaian kualitas kehidupan oleh penduduk masing-masing negara menggunakan skala The Cantril Ladder, selama 2021-2023. The Cantril Ladder merupakan metode pengukuran kualitas kehidupan dan tingkat kebahagian yang terdiri dari skala 1-10. 

Selain itu, ada enam variabel yang digunakan untuk menjelaskan penilaian kualitas hidup dan kebahagiaan setiap negara tersebut.

Meliputi, PDB per kapita, harapan hidup sehat, memiliki seseorang yang dapat diandalkan, kebebasan menentukan pilihan hidup, kemurahan hati, dan kebebasan dari korupsi.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com