Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memakai Sandal Saat Lebaran, Apa Pertimbangannya?

Kompas.com - 28/03/2024, 20:28 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Lebaran semakin dekat dan banyak orang sudah bersiap menyambutnya dengan tampilan terbaik. Meski demikian masih banyak juga yang ragu, apakah akan memakai sepatu atau sandal saat hari raya nanti.

Mengingat Indonesia adalah negara tropis, serta kebiasaan berkunjung saat Lebaran di mana kita terbiasa membuka alas kaki saat memasuki rumah orang, mengenakan sandal pasti terdengar lebih praktis dan nyaman.

Apa saja keuntungan memakai sandal?

1. Menjaga kaki dan tubuh tetap sejuk

Jika kita selalu memakai sepatu tertutup, kaki mungkin menjadi gerah dan berkeringat, sehingga penting untuk mengenakan alas kaki yang memungkinkan kaki bernapas dan membuat kita nyaman. 

Memakai sandal di iklim panas dan lembap dapat mencegah kondisi kaki seperti kutu air atau kuku kaki yang tumbuh ke dalam yang cenderung terjadi saat mengenakan sepatu yang ketat, tidak pas, dan tertutup.

2. Sesuai gaya fashion Lebaran

Saat Lebaran, kita biasanya mengenakan pakaian terbaik. Khusus untuk hari raya ini, sandal bisa menjadi pilihan yang pas karena sesuai dengan gaya fashion perayaan. 

Sesuaikan desain dan warna sandal dengan busana yang akan kamu kenakan agar terlihat stylist dan rapi.

3. Mudah dipasang dan dilepas

Sudah menjadi tradisi bahwa saat lebaran kita akan saling mengunjungi tetangga, saudara dan sahabat. Sandal akan memudahkan acara ini karena umumnya kita melepas alas kaki saat memasuki rumah orang lain. 

4. Ringan dan fleksibel

Sandal mungkin merupakan pilihan tepat untuk acara pertemuan keluarga karena ringan dan tidak ribet. Selain itu, memakai sandal di saat Lebaran memberi kesan kasual dan bersahabat.

Meski demikian, untuk hari istimewa, ada baiknya kita memilih sandal dengan cermat agar --selain nyaman-- juga tidak mengganggu penampilan kita.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Sandal

Koleksi sandal dari Fitflop Koleksi sandal dari Fitflop

Bagaimana memilih sandal yang tepat

Perhatikan dukungan terutama di bagian lengkungan kaki

Sandal yang memiliki penyangga lengkungan yang baik akan menopang kaki dengan baik sehingga menghindari rasa nyeri dan letih. Dukungan lengkungan yang memadai mendistribusikan beban secara merata untuk menghindari ketegangan pada kaki. 

Ukurannya pas

Memakai sandal yang terlalu kecil, selain terlihat buruk, juga dapat menyebabkan masalah kaki di kemudian hari. Hal yang sama berlaku untuk sandal yang terlalu besar - biasanya sandal tersebut terasa tidak nyaman, dan kemungkinan membuat kaki lecet karena gesekan. 

Belilah sandal dengan ukuran yang pas di kaki, atau dengan tali yang dapat disesuaikan untuk memastikan kaki nyaman dan menghindari lecet dan gesekan terus-menerus.

Nyaman

Alas kaki yang empuk akan membuat kaki bebas dari rasa sakit sehingga dapat menikmati aktivitas hari raya tanpa gangguan. 

Desain yang bagus

Kita pasti ingin merasa nyaman sekaligus tampil menawan saat mengenakan sandal. Sesuaikan sandal dengan gaya busanamu agar terlihat matching sekaligus gaya. Sandal yang baik akan membuat penampilan semakin keren pula.

Baca juga: Cara Menentukan Ukuran Sandal yang Pas

Koleksi sandal dari Fitflop Koleksi sandal dari Fitflop

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com