Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2024, 17:17 WIB
Nazla Ufaira Sabri,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sepatu baru memang menyenangkan, tapi rasa sakit akibat lecet saat pertama kali memakainya bisa menjadi mimpi buruk. Lecet, yang terasa sakit dan berisi cairan, adalah cara tubuh melindungi kulit yang teriritasi.

Bagaimana cara mencegahnya? Dan apa yang bisa dilakukan jika sudah terlanjur muncul?

Spesialis kaki, Georgeanne Botek, DPM, seperti dilansir dari laman Cleveland Clinic  menjelaskan cara mencegah lecet dan mengatasinya.

Cara mencegah lecet di kaki

Lecet umumnya disebabkan oleh gesekan antara sepatu dan kulit. Gesekan ini menyebabkan lapisan atas kulit melemah dan terpisah dari lapisan di bawahnya.

Lecet juga bisa disebabkan oleh luka bakar ringan, cedera akibat terjepit atau tergencet, dan kondisi medis tertentu. Namun, di sini kita fokus pada lecet yang disebabkan oleh sepatu.

Menurut Dr. Botek, cara terbaik mengatasi lecet adalah dengan mencegahnya.

Baca juga: 7 Cara Membuat Kaki Nyaman Memakai Sepatu Saat Lecet

Berikut lima cara untuk mencegah lecet:

1. Kenakan sepatu yang pas

Pakai sepatu yang ukurannya tepat untuk menghindari gesekan yang menyebabkan lecet. Sepatu yang tidak pas dapat menyebabkan iritasi kulit. Ukuran kaki bisa berubah seiring usia, jadi pastikan ukuran sepatu sesuai.

2. Pilih sepatu sesuai aktivitas

Beragam jenis sepatu dibuat untuk aktivitas yang berbeda. Memakai sepatu yang salah bisa meningkatkan risiko cedera dan lecet. Untuk aktivitas seperti tinju, bersepeda, mendaki, dan lari, gunakan sepatu khusus. Untuk jalan kaki, pilih sepatu berjalan daripada sandal atau sepatu tanpa penyangga.

3. Gunakan sepatu baru secara bertahap

Pakai sepatu baru secara perlahan sebelum digunakan dalam waktu lama. Hal ini berlaku untuk sepatu resmi, sepatu berhak tinggi, dan sepatu olahraga. Kenakan di dalam rumah dalam waktu singkat, dan gunakan plester atau petroleum jelly pada bagian yang bergesekan.

4. Jaga kaki tetap kering

Kaki berkeringat lebih rentan lecet. Gunakan agen pengering seperti aluminium klorida, tepung jagung, atau bedak kaki bebas talc sebelum beraktivitas. Agen pengering juga bisa digunakan malam sebelumnya.

5. Kenakan kaus kaki 

Kaus kaki membantu menjaga kaki tetap kering dan mengurangi gesekan. Pilih kaus kaki yang menyerap kelembapan, terutama untuk aktivitas olahraga. Hindari kaus kaki yang semua katun karena bisa membuat kaki lebih berkeringat. Jika jahitan kaus kaki mengganggu, gunakan kaus kaki tanpa jahitan. Bawa sepasang kaus kaki cadangan untuk berjaga-jaga.

Baca juga: Tips Pakai Sepatu Baru Tanpa Sakit dan Lecet

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KOMPAS Lifestyle (@kompas.lifestyle)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com