Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2012, 10 Juta Penduduk Perlu Tes

Kompas.com - 16/12/2011, 06:47 WIB

Jakarta, Kompas - Pemberian obat antiretroviral sejak dini dan teratur bisa menekan penularan penyakit HIV/AIDS. Untuk itu, pemerintah diminta memprogram tes HIV bagi 5-10 juta penduduk guna menapis dan memberikan perawatan dini.

Hal itu dikemukakan Prof Zubairi Djoerban, Kepala Unit Pelayanan Terpadu HIV RS Cipto Mangunkusumo, Rabu (14/12), di Jakarta, dalam seminar sehari ”Perubahan Paradigma Pengobatan dan Pencegahan HIV/AIDS serta Upaya Menghentikan Penularan HIV/AIDS di Jakarta”.

Zubairi yang juga Ketua Masyarakat Peduli AIDS Indonesia menyatakan, Botswana sukses menekan HIV/AIDS dengan metode itu. Ia menyebutkan, HIV/AIDS membuat negara kehilangan sumber daya manusia yang andal dan produktif. Jika pemerintah tak mengambil langkah berani, Indonesia bisa mengalami krisis.

Dengan mengikuti tes, status HIV akan diketahui dan penanganan dini bisa dilakukan. Zubairi memaparkan, pasiennya tetap produktif setelah minum antiretroviral (ARV) selama 10 tahun. ”Ada pasien saya yang 18 tahun mengonsumsi ARV tetap sehat sampai sekarang,” katanya. Pengobatan ARV secara teratur meningkatkan CD4 di atas 200 pada 77,2 persen pengidap HIV.

Dr Pandu Priono, pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, mengatakan, tes HIV hanya perlu pada kelompok berisiko, seperti pasangan dengan HIV/AIDS, pekerja seks, dan orang yang berganti-ganti pasangan. (ICH)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com