Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2017, 13:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber BBC

KOMPAS.com - Kesehatan pencernaan adalah salah satu faktor vital yang memengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan.

Terlalu banyak makan makanan berbumbu tajam dan asam, makan tidak teratur, kurang serat dan kurang minum air putih dapat membuat pencernaan kita bermasalah.

Perut kembung, sakit maag, konstipasi adalah contoh paling umum penyakit pencernaan. Sehatkan pencernaan Anda dan usir jauh masalah pencernaan dengan mengonsumsi empat makanan berikut ini.

Makanan fermentasi

Makanan atau minuman yang pembuatannya memakai metode fermentasuli, merupakan sumber alami probiotik yang menguntungkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan ketahanan terhadap infeksi.

Di negara kita, contoh makanan fermentasi adalah tempe dan oncom. Lalu, ada juga dari negara lain seperti kimchi, sauerkraut dan miso. Yogurt dan kefir juga termasuk sumber probiotik alami yang diunggulkan.

Bakteri baik

Selain ada bakteri yang merugikan, di dalam usus juga ada bakteri yang menguntungkan. Bakteri yang menguntungkan memerlukan "makanan" agar bisa tetap hidup.

Daun bawang, bawang, sawi putih, asparagus dan jenis sayuran lainnya yang mengandung serat yang disebut inulin, adalah sumber makanan yang disukai bakteri baik.

Serat inulin berguna untuk merangsang pertumbuhan bakteri yang menguntungkan dan membuat massa feses lebih solid sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Serat

Semua jenis serat sangat penting untuk menjaga usus tetap sehat dan kotoran mudah bergerak ke arah saluran pembuangan, kata Cynthia Yoshida, dokter spesialis gastroenterologis di Charlottesville, Va., dan rekan penulis buku No More Digestive Problems: The Answers Every Woman Need. Biji-bijian, kacang-kacangan, sayur dan buah adalah sumber alami serat yang terbaik.

Hindari sayuran seperti kubis, kecambah Brussel dan kol, bagi Anda yang menderita perut kembung atau bergas karena sayur-sayuran ini juga mengandung gas yang dapat memerburuk situasi.

Minyak kelapa

Meski tinggi lemak jenuh, minyak kelapa adalah pilihan yang sehat karena sifatnya yang stabil pada suhu tinggi, sehingga ideal digunakan untuk memanggang.

Sebagian besar lemak jenuh pada minyak kelapa adalah jenis trigliserida rantai menengah (MCT), yang dapat diproses oleh tubuh dengan lebih efisien, tanpa menempatkan tekanan pada kandung empedu.

Salah satu asam lemak dalam minyak kelapa yaitu asam laurat, juga mampu membantu melawan bakteri jahat di pencernaan dan menjaga usus tetap sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com