Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2017, 20:14 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki banyak pakaian bisa sangat merepotkan saat kita harus menatanya dengan rapi di lemari. Namun, semalas apa pun, membereskan lemari merupakan investasi untuk menghemat waktu saat mencari pakaian yang ingin dipakai.

Dibutuhkan perencanaan yang baik agar lemari Anda terlihat rapi. Berikut adalah 10 tips untuk merapikan pakaian di lemari seperti dikutip dari situs apartmenttherapy.com. Pilih beberapa ide yang paling mudah untuk Anda terapkan di rumah.

1. Keluarkan semua isi lemari dan pisahkan mana yang jarang dipakai. Baju-baju yang mulai sempit, warnanya pudar, atau sudah lama tidak dipakai lagi sebaiknya dihibahkan saja.

2. Jika Anda tidak memiliki lemari berukuran besar, siasati dengan membuat tempat gantungan baju dari besi. Gantung pakaian yang terbuat dari sutra atau kemeja batik agar tidak mudah kusut.

Thinkstockphotos Ilustrasi
3. Simpan pakaian yang paling sering dipakai sejajar dengan pandangan mata misalnya kemeja kerja, yang jarang di pakai di bawahnya, dan hanya dipakai pada waktu tertentu saja di bagian atas lemari.

4. Pilih penyimpanan sesuai kebutuhan: rak dalam untuk pakaian yang mudah dilipat, laci untuk pakaian dalam, gantungan untuk gaun dan jas, serta boks untuk benda-benda kecil.

5. Gunakan kotak atau rak bersusun untuk menyimpan sepatu. Untuk sepatu tertentu, misalnya sepatu pesta atau hiking, simpanlah dalam kotak transparan agar mudah ditemukan.

6. Untuk memudahkan pengaturan, pakaian yang dilipat sebaiknya disimpan terpisah. Misalnya kaus polos dan bercorak, atau busana rajutan.  Saat ini di toko perlengkapan rumah banyak tersedia pembatas pakaian.

7. Jangan menumpuk terlalu tinggi, maksimal 10 tumpuk agar tidak mudah jatuh saat diambil.

8. Gunakan rak penyimpanan vertikal agar daya tampungnya lebih besar. Tambahkan lampu di dalamnya agar memudahkan pencarian.

9. Jangan hanya semangat membeli pakaian baru, luangkan waktu juga untuk menyortir pakaian yang sudah tidak dipakai lagi sehingga bisa disumbangkan.

10. Manfaatkan koper untuk menyimpan pakaian dan perlengkapan rumah yang hanya dipakai sesekali, misalnya bed cover, selimut, atau jaket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com