Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2017, 10:04 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber Redbook

KOMPAS.com -- Etika memiliki pengertian sebuah aturan yang diciptakan manusia untuk menjaga hubungan suatu masyarakat, sesuai dengan norma dan nilai-nilai budaya dalam sebuah lingkungan terkait.

Etika sosial menjadi sangat penting dalam peradaban modern seperti sekarang karena dinilai sebagai kualitas diri dan sikap sopan santun yang memiliki pengertian mendalam.

Cara makan, berbusana, berjabat tangan, dan berinteraksi memiliki ragam aturan dan etika yang berbeda-beda di dunia. Namun, ada beberapa etika sosial yang akhirnya menjadi aturan umum.

Myka Meier, seorang pakar etika dari Amerika Serikat, mengungkapkan beberapa etika sosial yang umum di lingkungan modern seperti terurai berikut ini:

1. Jangan menjabat tangan ketika Anda sedang dalam posisi duduk. Cara ini dianggap tidak sopan. Jadi, ketika seseorang mengulurkan tangannya saat dia sedang dalam posisi berdiri, maka Anda juga harus berdiri. Aturan ini berlaku untuk pria dan wanita.

2. Zaman sekarang, menyapa dan berjabat tangan sembari memberikan sentuhan pipi dianggap biasa. Sentuhan dan sapaan dengan sentuhan antar pipi ini dilakukan dua kali, kiri dan kanan, di Amerika. Namun, untuk di Eropa bisa jadi hanya satu kali atau lebih dari dua kali.

3. Tamu istimewa atau guest of honor pada sebuah acara harus diberikan posisi duduk bersebelahan dengan sang pemilik acara.

4. Ucapan “Bon Appetite” dalam bahasa Perancis memiliki makna semoga Anda mencerna makanan ini dengan baik. Jadi, sangat keliru jika Anda mengucapkannya sebelum waktu makan dimulai. Sebaiknya, Anda memberikan ucapan selamat menikmati atau enjoy the meal please.

5. Kala disajikan sebuah hidangan minuman dalam gelas berkaki, meski bukan wine, maka cara terbaik meminum adalah dengan memegang kaki gelas.

6. Selain cincin kawin atau perhiasaan yang melambangkan simbol agama, Anda jangan mengenakan berlian sebelum jam enam sore. Perhiasaan berlian lebih pantas dikenakan untuk acara di malam hari.

7. Kala mengirimkan undangan hindarilah menuliskan “Please RSVP” karena singkatan yang berasal dari bahasa Perancis itu kepanjangan dari répondez s'il vous plaît, sehingga telah mengandung kata “Please”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com