Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2017, 12:38 WIB
Haris Prahara

Penulis

KOMPAS.com - Berakhirnya masa liburan memang menyedihkan. Namun, kembali ke kantor pun bisa dilakukan dengan suasana bahagia, bila Anda tahu rahasianya.

Salah satu hal yang dapat dilakukan saat kembali bekerja adalah menata meja kerja. Ya, meja yang bersih dan rapi tentu dapat meningkatkan gairah bekerja. 

Meski hanya sedikit perubahan, tentu akan berdampak banyak untuk meningkatkan produktivitas usai liburan. Seperti dikutip laman PortalHR, berikut sejumlah tips sederhana agar meja kerja Anda terasa menyenangkan.

1. Aturlah meja sesuai dengan karakter Anda

Jika Anda adalah tipe orang yang terencana, ada baiknya Anda memulai hari dengan menulis to-do-list serta meletakkan alat tulis dan kertas di tempat yang mudah diraih.

Demikian pula jika Anda seorang yang aktif membuka email, berikanlah ruang yang cukup luas bagi keyboard.

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang rapi belum tentu cocok dengan gaya Anda. Anda bisa menyesuaikan meja kerja dengan gaya Anda bekerja, jika itu dibutuhkan.

2. Letakkan tempat sampah kecil di meja

Banyak tumpukan kertas tak terpakai di meja kerja? Mungkin Anda ingin membuangnya, tetapi kadang rasanya malas beranjak dari kursi Anda.

Nah, alangkah baiknya jika Anda menyediakan tempat sampah kecil untuk membuang sampah tersebut. Meja Anda akan terasa lebih bersih dan rapi dibandingkan harus menumpuk gumpalan kertas.

3. Gulung kabel dengan rapi

Kabel yang menggulung tidak keruan akan membuat meja Anda terlihat berantakan. Karena itu, ada baiknya Anda mengikat kabel-kabel tersebut menjadi satu agar lebih rapi.  

Thomas Northcut Ilustrasi meja kerja

4. Rapikan dokumen

Jika memiliki sejumlah dokumen penting di meja, pastikan Anda menyusunnya dengan teratur. Sisihkan waktu untuk sekadar merapikan dokumen tersebut.

Jika penyimpan dokumen yang Anda miliki sudah tak dapat menampung dokumen yang ada, segeralah mencari penyimpan dokumen baru untuk menampungnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com