Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2017, 21:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

KOMPAS.com - Bisnis busana muslim atau modest wear di tanah air memang menjanjikan. Dengan pasar yang besar, mengingat mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim, tidak pernah ada istilah sepi untuk penjualan busana muslim.

Meski demikian, menurut pendiri Think Fashion, konsultan fashion yang berbasis di Turki, Franka Soeria, untuk bisa diterima di pasar global modest wear rancangan desainer Indonesia perlu memahami karakter dan gaya berbusana wanita di pasar yang dituju.

Franka mencontohkan, busana muslim yang disukai di banyak negara kebanyakan adalah busana dengan warna yang tidak mencolok.

"Bagi mereka yang menjadi muslim minoritas tentunya mereka tetap ingin memakai busana muslim, tetapi busana muslim yang warnanya yang tidak mencolok, karena mereka juga tidak ingin jadi pusat perhatian," kata Franka saat ditemui Kompas Lifestyle di acara Dubai Fashion Week dan Indonesia Experience Istanbul,"di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Menurut Franka, saat ini masih banyak desainer-desainer tanah air yang membuat koleksi busana dengan warna mencolok. Ia mengatakan bahwa desainer perlu lebih mengutamakan komunikasi dengan para buyer sehingga lebih mudah diterima di pasar internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com