D2 Charlie, dari Lari di Alam hingga Terbang di Udara - Kompas.com

D2 Charlie, dari Lari di Alam hingga Terbang di Udara

Kompas.com - 07/11/2017, 16:19 WIB
Garmin D2 Charliegarmin Garmin D2 Charlie

JAKARTA, KOMPAS.com - Jam tangan masa kini bukanlah sekedar penunjuk waktu atau pelengkap penampilan. Jam tangan sudah sedemikian cerdas sehingga memiliki berbagai kegunaan, baik untuk mengukur detak jantung saat berolahraga, kedalaman laut saat menyelam, posisi seseorang saat berkendara, atau ketinggian saat kita terbang.

Beberapa merek mengkhususkan diri untuk olahraga atau kegiatan tertentu. Salah satu yang identik dengan kegiatan outdoor dan petualangan adalah Garmin. Produk terbarunya, yang bernama Garmin D2 Charlie diciptakan untuk berbagai jenis olahraga seperti lari, bersepeda, renang, golf, dan juga untuk kegiatan yang berhubungan dengan penerbangan.

Untuk lari misalnya, seri ini dilengkapi pemonitor denyut jantung, pencatat langkah yang bisa mengetahui seberapa jauh seseorang melangkah dan bagaimana hentakan kakinya, keseimbangan kaki kiri dan kanan, juga navigasi arah dan petunjuk elevasi atau ketinggian medan yang sering diperlukan dalam trail running atau lari lintas alam.

Menggunakan jam ini, seorang pelari bisa melihat apakah langkah berlarinya sudah efektif atau belum, karena untuk berlari dengan efektif seseorang harus melangkahkan kaki dengan jarak dan ketinggian tertentu. Lalu lewat monitor denyut jantung, jam ini bisa menyarankan berapa lama seseorang sebaiknya istirahat seusai berolahraga, atau memberi alert saat seseorang dirasa sudah terlalu capek.

Garmin D2 Charlie garmin Garmin D2 Charlie
D2 Charlie juga disebut jam pilot atau jam aviator karena ia memiliki berbagai fitur yang diperlukan dalam penerbangan. "Ada fitur-fitur dasar yang dibutuhkan seorang pilot seperti radar prakiran cuaca seluruh dunia, informasi airport seperti frekuensi, landasan pacu, dan data cuaca, serta navigasi penerbangan," ujar Giovani Martin, Head of Sales Marketing PT Dunia Marine Internusa yang memasok arloji ini.

Selain menunjukkan waktu akurat yang penting bagi pilot dalam sebuah penerbangan, arloji ini bisa menampilkan peta berwarna yang menunjukkan posisi pesawat menggunakan GPS receiver yang tertanam di dalam jam. Lewat layarnya, pilot bisa melihat rute perjalanan, cuaca yang dihadapi, serta informasi-informasi lain dalam penerbangan.

"Jam ini juga kompatibel untuk digabungkan dengan berbagai smartphone dan aplikasinya, serta memiliki semua fitur dari pendahulunya, yaitu Garmin Fenix 5X seperti ketahanan baterai 20 jam untuk mode GPS dan 35 jam untuk mode UltraTrac," papar Giovani saat memperkenalkan D2 Charlie di Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Hal yang membedakan seri ini dari seri sebelumnya adalah bezel titanium lapis karbon yang membuatnya lebih ringan 10 gram. Sedangkan lensa sapphire tahan gores yang dipakai tetap sama.

Sementara untuk menyesuaikan penampilan, seri ini bisa digabungkan dengan tali jam yang mudah dipasang. Pilihannya adalah tali berbahan kulit, titanium, atau silikon.

Saat ini Garmin D2 Charlie hanya dijual online dan di Electronic City dengan harga Rp 14.999.000.

PenulisWisnubrata
EditorWisnubrata
Komentar
Close Ads X