Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2018, 07:16 WIB

KOMPAS.com - Layaknya pria menilai seorang wanita saat pertama kali bertemu, wanita pun juga melakukan hal demikian. Jangan salah, wanita merupakan pengamat yang tajam. Karena itu, wanita selalu punya penilaian khusus saat bertemu pria. Apa saja hal-hal dinilai wanita?

Ada sejumlah survei yang menunjukan hasil berbeda-beda mengenai hal ini. Dalam laman Medical Daily, survei yang dilakukan pada seribu responden wanita menunjukan bahwa mata pria adalah poin yang paling penting, diikuti dengan senyuman dan tinggi badan.

Sedangkan dari laman The Sun UK, survei yang dilakukan oleh Ramescar pada wanita lajang menyatakan bahwa 71 persen wanita dalam survei ini menganggap senyuman pria adalah hal yang akan pertama kali dinilai. Hal kedua dan ketiga yang dilihat adalah sifat dan tinggi badan.

Menurut survei yang dilakukan oleh Cosmopolitan, ada lima hal yang dilihat oleh wanita saat pertama kali bertemu seorang pria. Pertama adalah senyuman, lalu sorotan mata, diikuti oleh tangan, lengan, dan terakhir adalah rambut.

Survei yang berbeda oleh Men’s Health menunjukan bahwa hal-hal yang paling diperhatikan wanita saat bertemu pria adalah mata, senyuman, tinggi badan, tangan, dan yang terakhir adalah gaya berpakaian.

Dari berbagai survei tersebut, bisa disimpulkan bahwa ada lima hal yang selalu masuk dalam kriteria penilaian wanita. Keempatnya adalah mata, senyuman, tinggi badan, dan sifat.

1. Mata

Sorot mata adalah salah satu hal yang menjadi perhatian wanita ketika bertemu pria. Mata seorang pria yang berani menatap dengan tegas pada lawan bicaranya bisa membuat wanita terkesan.

Menurut seorang psikolog dari Northeastern University, orang yang melakukan kontak mata kepada lawan bicaranya cenderung dianggap lebih cerdas.

Selain itu, wanita mungkin memiliki anggapan bahwa orang yang kurang berani menatap mata ketika berbicara dipandang sebagai sesuatu yang negatif. Contohnya perasaan tidak suka, tidak menarik, dan tidak menyenangkan.

2. Senyuman

Seorang wanita biasanya menginginkan keramahan, dan senyuman menjadi bahasa tubuh yang mencerminkan keramahan. Senyuman di sini adalah senyuman sewajarnya saat bertemu orang baru, bukan senyuman menggoda.

Senyuman bisa menjadi salah satu poin penilaian penting bagi wanita karena lewat senyuman, seseorang bisa memancarkan perasaan positif, bahagia, dan sikap yang terbuka. Pria yang tersenyum pun bisa membuat orang lain jadi merasa lebih rileks di sekitarnya.

3. Tinggi badan

Poin penilaian ini sebenarnya berakar pada zaman manusia purba. Dulu, pria memang memiliki tugas sebagai pemimpin dan pelindung. Pasalnya, pada masa itu ancamannya berupa ancaman fisik. Misalnya serangan hewan buas atau konflik dengan manusia lainnya. Itulah mengapa fisik yang besar dan tinggi lebih menarik bagi wanita.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com