Berapa Jumlah Orang yang Berulang Tahun pada Hari yang Sama? - Kompas.com

Berapa Jumlah Orang yang Berulang Tahun pada Hari yang Sama?

Ariska Puspita Anggraini
Kompas.com - 11/01/2018, 19:12 WIB
Ilustrasi ulang tahunDragonImages Ilustrasi ulang tahun

KOMPAS.comUlang tahun adalah hari spesial bagi setiap orang. Berbagai doa dan kado biasanya akan mewarnai momen ini. Namun, apakah kamu yakin hari lahirmu merupakan momen spesial hanya untukmu?

Mungkin, kamu sudah mencari lewat Google tentang orang-orang terkenal yang memiliki tanggal ulang tahun yang sama denganmu. Tapi, dunia ini dihuni oleh banyak manusia. Bisa jadi, ada ribuan atau bahkan jutaan orang yang memiliki tanggal lahir yang sama dengan kita.

Baca :4 Tips Memberi Kado yang Tepat untuk Orang Tersayang

Memang tidak mudah mengetahui jumlah yang pasti. Setiap hari selalu diwarnai oleh kelahiran dan kematian. Namun, ada cara untuk menemukan jumlah rata-rata orang yang merayakan hari ulang tahun di hari yang sama dengan kita.

Populasi dunia saat ini sekitar 7,6 miliar. Jika kita membaginya dengan jumlah ulang tahun potensial atau jumlah hari dalam setahun, yaitu 365, ini akan memberi perkiraan yang masuk akal mengenai jumlah orang yang lahir pada hari yang sama dengan kita.

Ingatlah bahwa ini adalah jumlah orang yang merayakan ulang tahun pada hari yang sama walau tahun kelahiran mungkin berbeda-beda, bukan jumlah orang yang lahir pada hari yang sama di tahun yang sama.

Nah, jika kita menghitungnya, ada sekitar 20,8 juta orang yang merayakan ulang tahun di hari yang sama. Ini artinya, kita merayakan hari bersejarah dalam kehidupan kita dengan banyak orang.

Jika kita hitung lebih spesifik berdasar negara, sekitar 885.000 orang Amerika memiliki hari ulang tahun yang sama. Sementara negara terpadat di dunia, China, memiliki sekitar 3,8 juta penduduk yang berulang tahun di hari yang sama.

Berdasarkan survei terakhir dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia sendiri berkisar 237,6 juta jiwa. Jika kita terapkan rumus tersebut, berarti ada sekitar 651 ribu orang yang memiliki tanggal ulang tahun yang sama.

Misal kalian berulangtahun pada tanggal 11 Januari, berati ada sekitar 20,8 juta orang di dunia ini yang juga merayakan ulang tahun di hari yang sama.

Meski begitu, ada beberapa hari yang lebih umum sebagai hari ulang tahun. Misalnya bila hari ulang tahunmu adalah 9 September, maka kamu akan berbagai dengan lebih banyak orang. Sedangkan tangal 25 Desember atau 1 januari justru lebih kecil.

Nah, bagaimana dengan yang lahir di tanggal 29 Februari? Tentu rumusnya berbeda. Dua puluh sembilan berada pada tahun kabisat dimana jumlah hari dalam setahun akan bertambah sehari, yaitu 366. Tapi, jika kita membaginya dengan 366 ini akan menjadi kemungkinan yang begitu kecil.

Tahun kabisat hanya terjadi sekali dalam 4 tahun dan jumlah hari 4 tahun itu adalah 1461 hari. Jadi, untuk mendapatkan kemungkinan yang besar kita harus membaginya dengan 1461 ini.

Nah, jika kamu lahir di tanggal ini berarti kemungkinan besar kamu merayakan ulangtahun bersama dengan 5,2 juta orang di dunia ini.

Baca :Menurut Survei, Inilah Kado yang Paling Diinginkan Para Ayah

PenulisAriska Puspita Anggraini
EditorWisnubrata
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM