Berbagai Manfaat Tidur Telanjang yang Perlu kamu Ketahui - Kompas.com

Berbagai Manfaat Tidur Telanjang yang Perlu kamu Ketahui

Kompas.com - 12/02/2018, 21:25 WIB
Ilustrasi tidur telanjangMARIOS07 Ilustrasi tidur telanjang

KOMPAS.com - Tidur telanjang ternyata memiliki banyak manfaat. Tapi tak banyak yang melakukannya karena risih.

Dari survei tahun 2012--terungkap hanya delapan persen orang tidur telanjang. Sisanya, lebih memilih pakaian pendek, atau piyama tidur.

Padahal ada beberapa sisi positif tidur telanjang untuk kesehatan kita. Berikut beberapa di antaranya yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Mengurangi insomnia

Temperatur tubuh secara alami menurun selama kita tidur. Tentu, ini adalah benefit untuk menenangkan tubuh dan mendorong agar kita tidur lebih nyenyak.

Saat suhu tubuh terlalu panas, ia akan terperangkap dalam pakaian dan tak akan keluar dengan baik. Kondisi seperti itu akhirnya akan mengganggu tidur.

Studi menunjukkan insomnia dan suhu tubuh sangat berkaitan. Jadi, copot pakaian tidur bila mulai terasa gerah agar suhu panas keluar dengan lancar.

2. Meningkatkan metabolisme

Kurangi lemak berlebih dengan menyeimbangkan kadar kortisol--hormon stres. Penting untuk diketahui, kadar kortisol mulai menurun antara pukul 10 malam hingga 2 pagi.

Jadi, kalau kita tidak cukup tidur saat malam hari, hormon kortisol masih tersisa banyak saat terbangun yang akhirnya mendorong lemak berlebih.

Tidur telanjang akan memberikan temperatur lebih sejuk. Hal ini terbukti merendahkan gula darah yang menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Selain itu, tidur tempat yang sejuk juga mendorong tubuh untuk melakukan metabolisme dan mengubah lemak jahat, serta meningkatkan jenis lemak baik atau disebut brown fat, yang berperan mengatur suhu dan sensitivitas insulin lebih baik.

3. Usia lebih panjang

Saat kita tidur nyenyak, tubuh menghasilkan melatonin dan hormon pertumbuhan. Kedua hormon tersebut berperan sebagai  anti penuaan dalam tubuh.

Nah, karena tidur telanjang dapat membuat terlelap lebih nyenyak, tak ada salah mencoba untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, tidur telanjang juga mendorong kulit lebih sehat.

4. Mempererat hubungan

Sentuhan antar kulit seseorang sangat penting karena dapat meningkatkan jumlah oksitosin yang dihasilkan tubuh.

Oksitosin merupakan hormon kuat untuk meningkatkan ikatan dan perasaan terhubung satu sama lain. Ditambah, hubungan seksual pun jauh lebih fleksibel saat tak ada sehelai kain di tubuh.

5. Organ vital lebih sehat

Saat tidur telanjang, kita akan mendapatlan kelembaban dan kehangatan alami hingga aliran udara yang tak terhalang.

Semua itu disebut dapat mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri yang tidak diinginkan. Belum lagi produksi sperma akan lebih sehat saat di udara sejuk.

6. Meningkatkan percaya diri

Selama ini kita cenderung menyembunyikan tubuh kita dari diri sendiri. Padahal, semakin mengakui tubuh sendiri, kita akan semakin bisa menerimanya apa adanya dan menambah kepercayaan diri.

Karena itu, tidur telanjang dapat meningkatkan kepercayaan diri dari waktu ke waktu.

Bagaimana, tertarik mencoba tidur telanjang malam ini?


Komentar
Close Ads X