Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2018, 07:45 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyimpan kain batik tulis tentunya tak bisa sembarangan. Jika tak apik menyimpannya, kain kesayangan tentunya bisa rusak.

Owner Galeri Buana Alit, Dwita Herman berbagi tips sederhananya. Menurutnya, salah satu kunci menyimpan batik adalah jangan terlalu lama didiamkan terlipat di dalam lemari.

Sesekali kain batik harus dibentangkan dan diangin-anginkan.

"Sesekali harus dibuka, dikebutin untuk menghilngkan ngengat. Tidak ada batas waktu pokoknya jangan sampai setahun," ujar Dwita di Galeri Buana Alit, Jalan Moh. Kahfi 1, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2018).

Sementara itu, Sekretaris Komunitas Notaris Indonesia Berkebaya, Sisie A. Macallo menjelaskan bahwa pada pencucian pertama kita harus merendam batik tersebut pada air dengan sedikit cuka, kurang lebih satu sendok.

Ia mengaku mempelajari hal itu dari Museum Tekstil. Ini dilakukan agar warna kain batik tak pudar dan berubah.

"Supaya warnanya enggak mbladus. Lalu kain itu juga jangan dilipat, di angin-angin," kata Sisie.

Owner Galeri Buana Alit, Dwita Herman saat menunjukkan salah satu batik, di Galeri Buana Alit, Jalan Moh. Kahfi 1, Jakarta Selatan Selasa (20/2/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Owner Galeri Buana Alit, Dwita Herman saat menunjukkan salah satu batik, di Galeri Buana Alit, Jalan Moh. Kahfi 1, Jakarta Selatan Selasa (20/2/2018).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com