Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2018, 07:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anemia atau kondisi kadar sel darah merah yang rendah merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi di masyarakat.

Data Kementerian Kesehatan RI, setidaknya satu dari lima orang Indonesia berisiko terkena anemia, dengan presentase perempuan mencapai 57 persen (data 2013).

Anemia yang diabaikan bisa mengganggu produktivitas seseorang. Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Prof. Dr. Endang L. Achadi menjelaskan, anemia terjadi karena rendahnya hemoglobin (sel darah merah).

Padahal, hemoglobin berfungsi membawa oksigen ke seluruh organ tubuh

"Oksigen dibutuhkan ke seluruh organ. Misalnya ke otak supaya berpikir tangkas, otot untuk bergerak," kata Dr. Endang pada acara penegasan dukungan Merck terhadap gerakan 'Indonesia Bebas Anemia' di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

"Kalau oksigen ke otak kurang maka kita sulit konsentrasi. Kalau enggak cukup ke otot maka produktivitas turun, diajak ngobrol enggak nyambung," kata Endang.

Ibu hamil dan remaja putri menjadi kelompok yang paling berisiko anemia. Ibu hamil harus berbagi zat besi dengan bayi di kandungan. Sementara remaja membutuhkan zat gizi lebih banyak untuk pertumbuhan.

Remaja putri lebih berisiko karena mengalami menstruasi setiap bulannya. Sehingga akan mengeluarkan darah rutin setiap bulan.

Untuk mencegahnya bisa dilakukan beberapa hal. Termasuk dengan mengatur pola makan. Di Indonesia, penyebab utama anemia adalah defisiensi zat besi.

"Penyebab utamanya jelas kekurangan zat besi. Jadi, konsumsi lah makanan bergizi seimbang termasuk makanan kaya sumber zat besi," ujarnya.

Daging

Zat besi terutama terkandung pada sumber makanan hewani yang mengandung banyak protein, seperti daging-dagingan, hati ayam dan sapi. Sebab, zat besi dialirkan ke seluruh tubuh digandeng oleh protein.

Hal ini sering menjadi hambatan bagi masyarakat pedesaan yang jarang mengkonsumsi daging-dagingan.

"Kadang orang mengatakan makan bakso itu daging. Padahal, kadang daging dalam bakso hanya lima gram. Itulah kenapa negara-negara berkembang termasuk Indonesia sehari-harinya kekurangan sumber zat besi," kata Endang.

Selain itu, Endang menyarankan konsumsi makanan yang meningkatkan penyerapan zat besi, yakni yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk serta mengatur pola makan dengan gizi seimbang.

"Separuh piring diisi karbohidrat dan lauk pauk lebih banyak karbohidratnya, setengah lagi sayur dan buah lebih banyak sayurnya. Biar tidak cacingan cuci tangan, minum air putih," tuturnya.

Tidak dianjurkan pula mengkonsumsi teh, kopi atau susu setelah makan. Karena minuman-minuman tersebut akan menghambat penyerapan zat besi.

Jika tidak bisa menjamin makanan cukup zat besi maka dianjurkan minum tablet tambah darah, yaitu tablet yang mengandung zat besi untuk meningkatkan pembuatan darah. Konsumsi tablet dilakukan sesuai anjuran.

"Tablet tambah darah berisi zat besi kira-kira 60 mg besi elemental dan 400mg asam folat," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com