Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2018, 08:38 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bibir kering menjadi salah satu masalah yang dihadapi wanita karena terlalu sering memakai lipstik.  Kondisi ini terutama terjadi karena memakai lipstik dengan formula yang kurang baik.

Beauty blogger Tyna Kanna Mirdad berbagi tips mengaplikasikan lipstik pada bibir kering dan juga perawatannya.

Menurutnya, jika ingin menggunakan lipstik matte yang sulit dihapus, ia menganjurkan melapisi bibir terlebih dahulu dengan pelembap.

"Kalau lipstik yang ketika diaplikasikan langsung kering, langsung matte, digosok enggak bisa hilang dan waterproof banget, itu wajib buat aku pakai pelembap," kata Tyna ketika ditemui di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Pemilihan lipstik juga menjadi penting. Beberapa lipstik memiliki formula khusus yang diklaim mampu melembapkan bibir. Jika lipstik yang digunakan sudah cukup melembapkan, maka kita tak perlu lagi melapisi bibir dengan pelembap.

Baca juga: Termakan Tren Lipstik, Banyak Perempuan Abaikan Kesehatan Bibir

Di samping pemilihan lipstik yang tepat, Tyna juga melakukan ritual harian khusus untuk menjaga kelembapan bibirnya.

Sebelum tidur, ia membersihkan makeup hingga tuntas termasuk pada bagian bibir.

"Bersihkan lipstik sebersih-bersihnya sampai di kapas enggak ada warna lipstik lagi. Supaya bibir enggak abu-abu dan kering," tuturnya.

Setelah tahap pembersihan, usahakan mengaplikasikan pelembap, madu atau vitamin pada bibir.

"Setiap malam aku enggak mungkin meninggalkan bibirku tidak pakai apa-apa, maksudnya bukan lipstik tapi pelembap, vitamin," ucap ipar aktris Nana Mirdad itu.

Selain merawat bibir setiap malam, Tyna juga kerap melakukn scrub bibir setiap seminggu sekali. Scrub bisa dilakukan dengan produk scrub bibir yanh dijual di pasaran.

Namun menurutnya, scrub menggunakan gula juga sudah cukup efektif. Hanya saja, butiran scrub bibir cenderung lebih halus ketimbang gula.

"Aku selalu scrub seminggu sekali pakai gula putih biasa. Tapi sebenarnya sudah banyak brand yang jual lip scrub yang butirannya tidak sekasar gula," ujar Tyna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com