Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2019, 07:29 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.comE-commerce di bawah besutan SEA Group, Shopee, berencana mengajak seller lokal menembus pasar global. 

Pasar yang dituju adalah negara-negara tempat Shopee bernaung, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam hingga Taiwan.

Rencana ini disampaikan saat peringatan Kreasi Nusantara, program yang mewadahi para seller UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Shopee Indonesia. 

Dinamai "Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global" program ini akan menggandeng puluhan seller yang sudah dikurasi Shopee Indonesia.

Proses kurasi pun dilakukan dengan hati-hati, terutama soal kualitas. 

Salah satu seller yang diajak, misalnya, RumahTazkia Official Shop. UMKM tersebut bergerak di bidang penjualan perangkat alat salat seperti mukena. 

Kepada Kompas.com, GM RumahTazkia Offiicial Shop Addiniya Nurfarojandari mengungkapkan merasa senang diajak untuk menembus pasar global. 

Kesempatan ini adalah kali pertama usahanya bersentuhan dengan konsumen di luar negeri.

"Selama ini kami masih ragu, karena ketidaktahuan soal pengurusan izin. Nah, dengan diikutsertakan Shopee, ini bisa memudahkan saya untuk paham lebih jauh soal ekspor," kata Addiniya, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Sementara itu, Head of Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengungkapkan, sebelum kick-off berjualan, para UMKM terpilih akan mendapatkan edukasi mengenai kurikulum khusus ekspor melalui Kampus Shopee.

Serangkaian kelas akan diadakan guna mempersiapkan kematangan dan strategi ekspor yang tepat sebelum akhirnya para UMKM bersaing di pasar global.

Ada pun berbagai materi yang akan disampaikan melalui Kampus Shopee, yakni pengetahuan mengenai pasar dan industri di negara - negara Asia Tenggara yang dituju, regulasi dan logistik yang bersinggungan dengan kegiatan ekspor dan tips marketing untuk memasarkan produk di luar negeri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com