Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2019, 11:13 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Produsen peralatan memasak, Cosmos, memperkenalkan teknologi antigores terbarunya, yakni Harmond yang dipakai pada produk penanak nasi.

Rice cooker alias penanak nasi ini diklaim lebih aman karena tidak menggunakan zat kimia asam perfluorooctanoic (PFOA) yang banyak ditemukan dalam perlengkapan dapur seperti penggorengan.

"Teknologi Harmond membuat panci melewati proses pendinginan sampai mendekati suhu nol derjaat, menjadikan lapisan permukannya kuat dan antigores, tahan lama, dan tentunya sehat," kata Marketing Director PT.Star Cosmos, Dharma Surjaputra, dalam siaran pers.

Ia menjelaskan, penanak nasi dengan teknologi baru ini sudah melewati banyak uji coba untuk membuktikan kualitas lapisan pancinya.

"Salah satunya adalah lapisan panci tidak terkelupas atau tergores meski sudah disikat menggunakan sikat besi atau baja," katanya.

Karena tidak bisa tergores, menurut Dharma, tidak akan ada lapisan yang terkelupas saat memasak dan tercampur dengan nasi.

Baca juga: Kuman di Alat Dapur Ini 200 Kali Lebih Banyak dari Dudukan Toilet

Hadir dengan beberapa pilihan warna dan kapasitas, rice cooker Cosmos Harmond ini juga memiliki fitur pengaturan sirkulasi panas agar nasi lebih pulen.

Untuk membuat nasi lebih enak dan sehat, Dharma menyarankan agar nasi diaduk setelah matang, agar uap air dapat merata.

"Sehingga nasinya tidak kering," katanya.

Untuk menghemat listrik, sebaiknya rice cooker juga tidak tersambung listrik terus menerus.

"Biasakan untuk memanaskan nasi 15 menit sebelum dimakan untuk menjaga nutrisi nasi," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com